826
Sama halnya seperti hardskill, deretan softskill di atas pun bisa kamu pelajari dan latih agar bisa kamu kuasai.

Tidak peduli seberapa bagus nilaimu di kuliah atau seberapa tinggi IPK-mu, semua itu belum tentu menentukan kesuksesanmu. Hard skill tentu merupakan hal yang penting untuk menunjang pekerjaan yang dilakukan, namun hal tersebut belum cukup untuk membuatmu menjadi sukses. Selain kemampuan teknis yang kamu asah di bangku sekolah, ada beberapa kemampuan yang juga penting untuk kamu miliki. Berikut di antaranya.


Kemampuan memimpin

photo credit: Strategy Focused Group

Sebagai seorang pemimpin, kamu harus bisa memotivasi anggota timmu dan membuat keputusan. Tidak lupa bahwa semua kegagalan merupakan tanggung jawabmu sementara keberhasilan merupakan hasil kinerja timmu. Seorang pemimpin harus cerdas, rendah hati, dan tegas karena anggota timmu harus hormat namun tetap nyaman denganmu. Selain itu, seorang pemimpin harus percaya diri agar anggota timnya juga yakin dengan apa yang mereka lakukan.


Kerja sama yang baik

photo credit: Australia Institute of Business

Dalam perusahaan tidak jarang kamu diberikan proyek yang mengharuskan kamu bekerja sama dengan orang lain. Bisa saja dengan rekan kerja yang bertemu setiap hari atau malah seseorang dari divisi lain yang tidak kamu kenal sama sekali. Kemampuan bekerja sama sangatlah penting dalam kondisi seperti ini. Meskipun kamu sangat mampu dalam pekerjaan kamu, namun jika kamu tidak bisa bekerja sama dengan orang lain, jangan harap proyek yang kamu tangani bisa berjalan lancar.


Keterampilan dalam berkomunikasi

photo credit: Grossman Group

Keterampilan kamu dalam berkomunikasi juga sangat penting dalam tempat kerja. Menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja sangat ditekankan karena sangat sulit bekerja dengan orang-orang yang tidak menyukai kita bukan? Sehingga dapat menciptakan lingkungan kerja yang bersahabat juga dapat membantu pekerjaan kita. Tujuan lain dalam berkomunikasi adalah menciptakan kepercayaan antara kamu dan rekan kerjamu.


Kemampuan memecahkan masalah

photo credit: The Balance

Tidak semuanya bisa berjalan sesuai dengan rencanamu, maka di situasi darurat, kemampuanmu menyelesaikan masalah adalah hal yang penting. Perusahaan mencari orang-orang yang dapat bekerja bahkan dalam kondisi yang tidak terduga. Banyak orang mampu berkerja di kondisi yang diharapkan namun tidak sebaliknya. Bisa menyelesaikan masalah yang tidak terduga dan dalam tekanan merupakan salah satu soft skill yang dicari perusahaan.


Manajemen waktu

photo credit: QS Article

Aktivitas yang padat kadang membuat kamu kewalahan mengatur agenda. Jika sudah begini, penting untuk melatih diri agar bisa mengatur waktu dengan baik. Buatlah rencana kegiatanmu setiap hari dengan baik dan sesuaikan dengan prioritas yang ada.


Etika kerja

photo credit: Collaj Mag

Tampil rapi, datang tepat waktu, dan tentu saja menghormati rekan kerja. Perusahaan juga mencari orang-orang yang memiliki etika kerja yang baik, tidak peduli seberapa baik kemampuanmu jika kamu tidak memiliki etika kerja, sulit untuk melamar ke perusahaan. Perusahaan jelas lebih mencari pekerja yang kurang mampu namun memiliki etika kerja yang baik ketimbang pekerja yang mampu namun memiliki etika kerja yang jelek. Kenapa? Karena kamu cuma perlu dilatih jika kurang mampu namun etika merupakan berasal dari akar kepribadian sehingga agak sulit diubah. Hanya pemiliknya sendiri yang dapat mengubahnya dan perusahaan jelas tidak ingin membuang waktu mendisplinkan kamu, kan?


Fleksibel

photo credit: Career Pivot

Fleksibilitas berhubungan dengan kemampuanmu beradaptasi. Seberapa cepat kamu bisa beradaptasi dengan tempat kerja dan pekerjaan yang diberikan padamu. Tidak jarang kamu diberikan pekerjaan yang tidak berada dalam lingkup bidangmu, nah itulah saat kemampuan fleksibilitasmu diuji. Walaupun kamu pasti tidak seahli di bidangmu, bagaimana kamu berniat mempelajarinya, bagaimana kamu bereaksi saat diberikan pekerjaan yang di luar lingkup bidangmu, dan seberapa mampu kamu menyelesaikan masalah tersebut merupakan salah satu soft skill yang perusahaan cari.

BACA JUGA


Sering Kesulitan Mengatur Emosimu? Terapkan 5 Trik Ampuh Ini untuk Mengatasinya!

Sering Kesulitan Mengatur Emosimu? Terapkan 5 Trik Ampuh Ini untuk Mengatasinya!

Langsung simak saja bro beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengendalikan emosimu bro

Read more..

Sama halnya seperti hardskill, deretan softskill di atas pun bisa kamu pelajari dan latih agar bisa kamu kuasai. Jika kamu masih merasa lemah pada beberapa poin, tak usah berkecil hati, artinya kamu tahu apa yang kini perlu kamu pelajari lebih dalam lagi.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "7 Soft Skill yang Kamu Perlukan Jika Ingin Sukses di Dunia Kerja". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Anata Phindhika | @anataphindhika

Silahkan login untuk memberi komentar

OR SUBSCRIBE