3.3K
Masih mengandalkan “Duh, nggak punya waktu!” sebagai alasan masal berolahraga? Mungkin orang yang mengatakannya harus mulai belajar dari salah satu orang tersibuk di dunia saat ini.

Sudah banyak penelitian membuktikan bahwa olahraga teratur adalah salah satu pembentuk karakter pria-pria sukses. Karena olahraga memberikan banyak manfaat bukan hanya bagi fisik, tetapi juga mental. Presiden Amerika Serikat ke-44 adalah salah satu pemimpin AS yang terbugar. Dikenal dengan kesukaannya akan olahraga basket, bahkan saat SMA ia dikenal dengan julukan “Barry O’Bomber” karena kemampuan shooting-nya.

Begini caranya berolahraga secara efektif :

MENCARI KEBIASAAN

Pertama-tama kita membentuk sebuah kebiasaan, lama-lama kebiasaan itulah yang akan membentuk kita. Tinggalkan perasaan tidak punya waktu untuk berolahraga, karena sesungguhnya waktunya pasti akan selalu ada. Obama menjadwalkan 6 kali seminggu untuk berolahraga, masing-masing selama 45 menit. Waktunya? Pagi sekali.

Kepala bidang kebugaran di Human Performance Institue, pusat pelatihan eksekutif di Florida mengatakan bahwa kita akan mudah mencapai target kebugaran bila menjadikan olahraga sebagai kegiatan rutin.

MENCARI KELEMAHAN.

Maksudnya adalah mencari kelemahan diri sendiri. Dengan mengenali lebih dini, kita akan bisa mengantisipasi jenis latihan apa yang sebaiknya bisa dan tidak dilakukan. Obama pernah mengatakan bahwa tendon Achilles (otot tendon bagian belakang tungkai bawah)nya sering terasa nyeri. Sehingga saat melakukan peregangan, ia memberikan fokus yang lebih banyak pada bagian tersebut. Mengetahui kelemahan bisa mencegah kita dari cedera.

MENCARI VARIASI

Rutinitas apapun pasti rentan dengan yang namanya kebosanan. Obama pun demikian. Walau penggila basket, tetapi dengan keterbatasan waktu ia lebih banyak berolahraga di dalam gym dengan memvariasikan latihan beban dengan latihan cardio. Pernah memerhatikan kebiasaannya sebelum melakukan pidato penting? Ia melakukan pull-up, mengangkat tubuh seberat 90 kilogram-nya sambil berpegang pada palang besi. Variasi menghindarkan kemonotonan.

MENCARI TEMAN

Menurut penelitian, orang yang berlatih bersama teman, pasangan atau kelompok punya peluang berhasil yang lebih besar dalam mencapai target latihan. Beberapa orang sampai harus memerlukan Personal Trainer (PT) bukan hanya sekedar untuk membantu berlatih, tetapi memang akan terasa menyenangkan memiliki partner dalam berolahraga. Reggie Love adalah orang yang dipilih Obama sebagai pelatih pribadi. Reggie adalah mantan pemain American Footballl yang memegang posisi penjaga belakang.

So, gimana? Masih yakin mau bilang nggak ada waktu buat olahraga?



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Belajar Bugar dari Obama". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Zetta Media | @zettatrivia

Silahkan login untuk memberi komentar

OR SUBSCRIBE