1.4K
Inilah fakta berenang dan sejuta manfaatnya

Tugas dan pekerjaan kantor menumpuk, belum lagi urusan yang lain pasti bikin kamu stres dan penat. Beroalahraga bisa menjadi solusinya! Olahraga rutin akan mengurangi tingkat stres dan menjadikan badan lebih bugar dan sehat. Salah satu olahraga yang populer di kalangan anak muda dan memiliki berbagai macam manfaat adalah berenang. Olahraga air satu ini memang belakangan ini menjadi tren di kalangan anak muda untuk menghiangkan stres sekaligus menyehatkan tubuh.

Banyak manfaat yang dapat kamu peroleh dari olahraga berenang ini salah satunya adalah membakar kalori yang ada di dalam tubuh dan sangat cocok untuk kamu yang sedang membentuk badan. Selain itu, memasukan menu olahraga berenang dalam menu workout-mu juga sangat disarankan. Berenang akan menarik otot-otot yang ada di tubuhmu mulai dari otot dada, perut sampai kaki. Olahraga berenang memaksa semua tubuh kita untuk ikut melakukan gerakan.


Ketika berenang tubuh akan menghasilkan hormon endorphin yang dapat menangkal stres

photo credit: Acclaim Images

Banyak hal seru yang bisa didapatkan ketika berenang seperti kesenangan karena bermain air. Bahagia di dapat stres hilang. Banyak studi yang telah dilakukan dan membuktikan bahwa dengan berenang perlahan stres yang kita rasakan akan menghilang. Dikutip dari situs health status, yang mengatakan bahwa ketika berenang tubuh akan menghasilkan hormon endorphin. Hormon ini di hasilkan ketika orang sedang tertawa atau merasa senang. Selain itu hormon ini juga merupakan salah satu hormon penangkal stres.

Perasaan senang dan bahagia merupakan salah satu kunci penghilang stres yang efektif jadi apabila kamu rutin berenang maka stres akan menjauh. Ketika stres menjauh maka penyakit yang sering disebabkan oleh stres akan perlahan menjauh pula.


Menurunkan risiko kematian

photo credit: BlogrollCenter

Penelitian yang dilakukan di Univeristy of South Carolina mengadakan survei kepada 40.000 pria yang memiliki umur lebih dari 32 tahun pada pria yang rajin berenang memiliki risiko kematian lebih rendah lima persen daripada pria yang tidak berenang. Penelitian ini membawa dampak yang besar sehingga olahraga air satu ini menjadi sangat populer.


Berenang 10 menit secara intensif, 150 kalori terbakar dalam tubuh

Kamu gagal menurunkan berat badan dengan olahraga yang biasa? Cobalah berenang secara rutin. Berenang dapat membakar kalori yang ada ditubuh kamu selain itu juga kamu bisa mengontrol berat badanmu dengan berenang. Ketika kamu berenang 10 menit secara intensif maka 150 kalori terbakar dalam tubuhmu. Berenang dengan gaya bebas akan membakar 100 kalori, sedangkan berenang dengan gaya punggung akan membakar 80 kalori. Lakukan beberapa latihan umum untuk menurunkan berat badan seperti berenang beberapa meter lalu istirahat terus sampai interval jarak berenang mu sampai 300 yards.


Mengurangi risiko terkena diabetes

Fakta terakhir adalah dengan berenang dapat mengurangi risiko terkena diabetes. Belakangan ini diabetes telah menjadi sebuah wabah penyakit yang banyak menyerang usia 20 sampai 30-an karena pola makan dan konsumsi gula yang berlebihan. Dengan berenang, kamu bisa membakar 500 kalori dalam tubuh dalam seminggu dan otomatis menurunkan sebesar 6% risiko terkena diabetes. Dengan berenang selama 30 menit akan membakar kalori sebesar 900 kalori.

Berenang teratur juga bisa menjaga kesehatan jantung dengan melatih jantung kamu memompa darah ke seluruh tubuh menjadi lebih efisien, selain itu juga mencegah terjadinya serangan jantung. Cukup lakukan kurang lebih 30 menit berenang dan 40 persen tekanan darah akan mengalir dengan efektif keseluruh tubuh.

BACA JUGA


Malas Lari Pagi? 7 Manfaat Lari Pagi Ini Akan Langsung Memotivasimu untuk Melakukannya Esok Hari!

Malas Lari Pagi? 7 Manfaat Lari Pagi Ini Akan Langsung Memotivasimu untuk Melakukannya Esok Hari!

Lari pagi itu lebih efektif dalam mengurangi berat badan, 2 kali lebih efektif dibandingkan dengan berjalan kaki

Read more..

Beberapa manfaat berenang di atas merupakan sebuah hasil yang diperoleh dengan melakukan olaharaga berenang dengan rutin dan porsi yang seimbang. Ayo tunggu apa lagi segera ambil baju renangmu dan berenanglah dengan rutin.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Berenang Bukan Olahraga Biasa. Selain Menjaga Kesehatan, Rutin Berenang Berikan Manfaat Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


achmad cori | @achmadcori

Silahkan login untuk memberi komentar

OR SUBSCRIBE