1.1K
Inilah hal-hal wajib yang sering dilupakan banyak orang saat berpergian ala backpacker.

Inti dari backpacking adalah sebuah perjalanan yang dilakukan secara mandiri. Mandiri berarti bagaimana kamu bisa mengatur sendiri mulai dari tempat wisata, transportasi yang digunakan, dan penginapan selama di destinasi travelling. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapat dengan menjadi backpacker, salah satunya adalah menghemat budget yang kamu miliki. Selain itu, backpackeran dapat membuat kamu lebih dekat dan melihat secara langsung bagaimana kebudayaan lokal masyarakat sekitar, berinteraksi bersama dengan mereka dan sejenak merasakan bagaimana hidup bersama dengan mereka.

Sebelum melakukan travelling mandiri atau backpacker inilah beberapa hal yang perlu kamu ketahui agar perjalanan wisatamu nyaman dan menyenangkan.


1. Tentukan tujuan dan rute tercepat menuju ke sana

photo credit: nps

Pilihlah tujuan yang sesuai dengan budget dan minatmu, baru setelah itu dari tujuan tersebut kamu bisa tentukan rute. Bingung dengan rute? Tenang saja, banyak refrensi tentang rute perjalanan bisa di berbagai website dan blog. Banyak-banyaklah membaca dan mencari refrensi tentang rute perjalanan dan transportasi paling murah yang bisa didapat di tempat tujuan wisata. Selalu sediakan plan b untuk hal-hal tak terduga.


2. Pilih transportasi murah dan mudah dijangkau

Setelah menentukan tujuan dan rute saatnya berburu promo dan diskon terutama untuk kamu yang ingin menggunakan pesawat terbang. Rajinlah untuk mengecek website yang menyediakan promo tiket pesawat. Cara tersebut bisa menjadi salah satu pilihan untuk meminimalisir budget kamu. Jangan pernah takut untuk menggunakan trasportasi publik seperti angkot atau bus. Kamu yang menyukai hal-hal yang menantang, kamu bisa mencoba cara hitchhiking atau menumpang kendaraan yang lewat. Cara satu ini banyak dilakukan oleh para backpacker karena selain tidak memakan biaya, juga bisa menambah teman saat menumpang kendaraan orang lain. Akan tetapi tetap utamakan keselamatan dan keamananmu


3. Bawa bekal makan dan minum

photo credit: countryliving

Meskipun kelihatanya sepele, membawa bekal makan dan minum terbukti bisa meminimalisir budget yang dikeluarkan. Selain itu, pertimbangkan juga ingin makan di tempat seperti apa dan bagaimana selama perjalanan. Usahakan telah memiliki list tempat makan yang ingin dikunjungi di tempat tersebut.


4. Pilih penginapan nyaman yang masih sesuai dengan budget kamu

photo credit: costaricabackpackers

Kamu bisa mengecek penginapan atau homestay di website yang disediakan, baik pengelola maupun situs-situs wisata. Setiap penginapan dan homestay memiliki fasilitas beragam yang ditawarkan, oleh karena itu cermat-cermatlah memilih yang sesuai dengan keingian dan budget yang dimiliki.


5. Bawalah barang secukupnya

photo credit: thefreedictionary

Persiapkan barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan anda seperti baju ganti dan pakaian dalam. Jangan membawa barang yang tidak perlu seperti handuk dan shampoo, karena penginapan biasanya telah menyediakanya. Jangan sampai travelling kamu terganggu dan menjadi tidak nyaman karena barang yang kamu bawa terlalu banyak sehingga menyulitkan langkahmu. Selalu sediakan kantung plastik dan botol minum kemanapun kamu pergi untuk berjaga-jaga apabila turun hujan dan kehausan di tengah perjalanan. Bawalah uang tunai secukupnya dan jangan terlalu banyak membawa barang berharga yang mecolok.


6. Kontrol nafsu untuk liburan yang menyenangkan

photo credit: paroles

Kendalikan dan kontrol nafsu tersebut sekaligus ngat kembali rencana awal mengunjungi tempat tersebut. improvisasi dibolehkan, selama masih dalam kendali dan rencana awal.


7. Kenali kebudayaan lokal dan jadilah bagian dari mereka

photo credit: britannica

Belajar kebudayaan lokal akan sangat membantu para backpacker karena dengan belajar kebudayaan lokal tersebut masyarakat akan membuka diri dan menggangap kamu menjadi bagian dan mereka. Bagaimana caranya? Cukup dengan tersenyum dan menyapa siapa pun yang lewat dan ajaklah mereka sesekali mengobrol ringan seperti bertanya tentang objek wisata tersebut atau tempat oleh-oleh. Tidak jarang dari mereka akan dengan senang hati mengantarkan kamu ke tempat tersebut.

BACA JUGA


Mau Travelling saat Ramadan? Jangan Abaikan 7 Hal Penting Ini Jika Ingin Liburanmu Tetap Nyaman dan Aman

Mau Travelling saat Ramadan? Jangan Abaikan 7 Hal Penting Ini Jika Ingin Liburanmu Tetap Nyaman dan Aman

Kamu yang berencana travelling saat Ramadan, tak perlu khawatir puasa akan menyulitkan perjalananmu

Read more..
Setelah mengetahui hal-hal di atas, tunggu apalagi? Segera kemasi barangmu, tentukan destinasi wisatamu, dan mulailah berpetualangan ke tempat-tempat indah impianmu.

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Berencana Backpackeran Weekend Ini? Biar Liburan Makin Seru, 7 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


achmad cori | @achmadcori

Silahkan login untuk memberi komentar

OR SUBSCRIBE