1.6K
Apakah kamu pernah tidak menjawab pertanyaan dalam sebuah interview? Atau kamu tidak yakin dengan jawaban yang kalian utarakan?

Persaingan dalam mencari pekerjaan semakin lama semakin ketat dan sulit. Bahkan dengan pendidikan yang sudah tinggi, terkadang mencari pekerjaan masih saja sulit. Saat melamar pekerjaan, ada kalanya kita dengan cepat mendapat panggilan dari perusahaan-perusahaan tempat kita melamar pekerjaan. Namun, ada satu hal yang harus diingat ketika mendapat panggilan pekerjaan, yaitu jangan jemawa, seolah kita sudah 100 persen mendapatkan pekerjaan yang ditawarkan kepada kita. Ada satu tahapan yang harus kita lalui sebelum mendapat pekerjaan, yaitu Interview.

Pertanyaannya adalah apakah kamu bisa menjual diri kalian ke perusahaan dalam interview? Apakah kamu pernah merasa tegang ketika melakukan interview? Apakah kamu pernah tidak menjawab pertanyaan dalam sebuah interview? Atau kamu tidak yakin dengan jawaban yang kalian utarakan?

Berikut ini adalah tip dan trik sebelum kalian melakukan interview di sebuah perusahaan.


1. Mencari tahu tentang perusahaan tempat kalian melamar

Kalian gugup ketika interview? Itu adalah hal biasa. Namun ada cara untuk membalikkan rasa gugup tersebut menjadi kekuatan kalian. Caranya adalah dengan mencari tahu tentang perusahaan tempat kalian melamar.

Banyak yang bisa kalian pelajari dari website perusahaan yang kalian lamar, seperti nilai perusahaan, informasi tentang service, dan produk.
Photo Credit : jobmanji


2. Mencari tahu tentang posisi yang dilamar

Terkadang orang-orang melamar sebuah posisi tanpa memahami sebenarnya posisi yang akan mereka isi. Iklan pekerjaan yang tak jelas juga bisa menyebabkan orang-orang salah pengertian tentang posisi yang ditawarkan. Maka, ada baiknya jika kamu menggali lebih dalam tentang sebuah perusahaan dan posisi yang ditawarkan.


Photo Credit : idntimes


3. Mencari tahu tentang diri sendiri

photo credit: learnfrenchbypodcas

Sadar diri adalah hal penting bagi pelamar pekerjaaan. Kalian harus melihat ke belakang tentang apa yang sudah kalian lakukan dan apa yang sudah kalian capai. Hal ini akan menjadi kekuatan dan kelebihan ketika kalian melakukan interview. Mengetahui diri sendiri juga membuat kita yakin pada apa yang benar-benar kita harapkan dalam sebuah pekerjaan. Sehingga bukan hanya perusahaan yang memilihmu, tapi kamu juga memilih perusahaan yang tepat untukmu.


4. Latihan


Berlatih interview sangat diperlukan sebelum kalian benar-benar melakukannya di depan pewawancara. Latihan di sini bukan berarti kalian harus menghafal kalimat demi kalimat. Karena pertanyaan dari pewawancara bisa saja tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Ini justru bisa membuat kalian bingung.

Kalian bisa berlatih melakukan wawancara di depan cermin, atau kalian bisa meminta bantuan dari teman untuk berlatih wawancara.


5. Membangun hubungan

Bersikap ramah atau baik. Itu adalah nilai tambah kalian di mata pewawancara. Seorang pewawancara yang baik, tidak akan pernah sengaja menyulitkan kalian. Bahkan pewawancara yang baik ingin kamu rileks sehingga kamu pun bisa melakukan yang terbaik. Maka dari itu, bersikaplah ramah, baik atau sopan, dan jangan bersikap arogan.


6. Mencoba untuk selalu tenang

photo credit: Glamour

Tidak bisa tenang adalah masalah dari kebanyakan calon karyawan. Kamu mungkin terlalu takut tidak bisa mendapat pekerjaan yang menurut kalian adalah yang terbaik yang bisa didapatkan. Tapi, tetaplah berusaha untuk tenang, agar kamu bisa tampil optimal.


7. Jadilah diri sendiri

Ini adalah yang paling penting ketika menghadapi wawancara. Kamu harus bisa menjadi diri sendiri. Jangan coba-coba untuk menjadi orang lain atau pura-pura menjadi sesuatu yang bukan dirimu dan kamu tidak suka. Hal itu justru akan mengacaukan interview.

Mari lakukan tip dan trik di atas dan dapatkan pekerjaan impian kalian.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Calon Karyawan, Inilah 7 Trik Interview untuk Dapatkan Pekerjaan Impianmu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rafii Yanuardi | @rafiiyanuardi

Silahkan login untuk memberi komentar

OR SUBSCRIBE