506
MotoGP merupakan ajang balap motor bergengsi yang selalu menyita perhatian dunia. Di tahun 2018, akan ada banyak perubahan yang terjadi dalam kompetisi ini.

Musim MotoGP 2017 sudah hampir usai. Namun, atmosfer persaingan yang kompetitif masih kental terasa. Pertandingan musim mendatang pun mulai diperbincangkan. Seolah belum habis cerita lama, cerita baru sudah hangat terasa. Walaupun begitu, berbagai kemungkinan masih akan terus terjadi. Tentunya ini menambah keseruan rentetan perjuangan para pembalap yang berlaga di arena aspal. Apa saja fakta menarik yang telah terdengar pada MotoGP 2018? Simak pembahasannya berikut ini.

Penambahan jumlah balapan yang penuh pro dan kontra

Photo credit: Motogp

Perhelatan MotoGP tahun 2018 akan menghadirkan 19 seri balapan. Tentu saja penambahan jumlah balapan ini menimbulkan banyak pro dan kontra. Hal ini telah diklarifikasi oleh CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta bahwa penambahan jumlah balapan menjadi 19 akan lebih baik daripada dalam satu musim dilakukan banyak pengujian. Para pembalap banyak yang mengeluhkan atas keputusan ini karena mereka harus mempersiapkan fisik yang ekstra untuk menghadapi putaran yang lebih panjang.


Thailand sebagai tuan rumah, menggeser peluang Indonesia

Photo credit: Lalasport

Kabar mengenai Thailand yang akan menjadi tuan rumah MotoGP memang telah lama diperbincangkan. Sejak penyelenggaraan WSBK tahun 2015 yang dianggap sukses, Thailand menjadi salah satu negara yang patut dipertimbangkan untuk mengisi daftar tuan rumah pada MotoGP 2018. Padahal, kesempatan ini juga sedang diperjuangkan oleh Indonesia. Pihak Dorna Sports menilai bahwa antusias masyarakat Thailand terhadap balap motor terus meningkat. Di samping itu, penjualan sepeda motor di negara tersebut juga berkembang pesat. MotoGP 2018 rencananya akan digelar di Sirkuit Chang Internasional pada bulan Oktober mendahului Jepang, Australia, dan Malaysia.


Usaha mewujudkan Palembang sebagai tuan rumah

Photo credit: Afdhal Ilahi

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin merupakan tokoh utama di balik perjuangan Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP 2018. Berbagai upaya pun telah dilakukan seperti mencari berbagai investor hingga mendirikan PT Jakabaring Sport City. Namun, peluang tersebut pupus sudah karena telah direbut oleh Thailand. Kendati demikian, Alex terus berupaya mewujudkan Indonesia, khususnya Palembang sebagai tuan rumah ajang bergengsi internasional ini.


Dominasi rider Spanyol masih terjadi

Photo credit: mcnews

Semenjak gelar juara dunia diraih oleh Casey Stoner pada MotoGP 2011, gelar tersebut hanya diraih oleh Marquez dan Lorenzo yang yang merupakan pembalap dari Spanyol. Selain kedua pembalap tersebut, ada tujuh pembalap lainnya yang juga akan menghiasi perhelatan MotoGP 2018. Mereka adalah Maverick Vinales, Dani Pedrosa, Alex Rins, Pol Espargaro, Tito Rabat, Aleix Espargaro serta Alvaro Bautista. Sudah sejak lama MotoGP menjadi cabang olahraga yang memiliki peminat yang tinggi di Negeri Matador. Sehingga tak heran, jika pembalap Spanyol mendominasi kancah pertarungan pada rider tersebut.


Perubahan formasi pembalap

Photo credit: Michelin Media Event

Scott Redding resmi didaulat sebagai partner Aleix Espargaro dalam tim Aprilia Gresini. Kolaborasi ini diharapkan dapat menjadi sebuah ancaman yang patut diperhitungkan bagi pembalap lainnya. Redding membawa harapan tim Aprilia untuk mendekati puncak klasemen. Sementara dari kubu Marc VDS Honda, Jack Miller dipastikan akan pindah ke Pramac Ducati bersama Danilo Petrucci. Sejak Casey Stoner, Miller merupakan pembalap asal Australia yang pertama bergabung dengan tim Ducati.

BACA JUGA


Perjalanan Karier Donald Glover. Aktor Multitalenta yang Juga Seorang Rapper. Bisa Jadi Inspirasi Kamu Nih!

Perjalanan Karier Donald Glover. Aktor Multitalenta yang Juga Seorang Rapper. Bisa Jadi Inspirasi Kamu Nih!

Tahukah kamu ternyata aktor yang memerankan karakter Aaron Davis adalah seorang komedian, aktor, penulis, produser musik, sutradara bahkan ...

Read more..

Itulah beberapa fakta mengenai MotoGP 2018 yang akan dilaksanakan musim mendatang. Siapakah pembalap jagoan kamu?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Fakta-Fakta MotoGP 2018 yang Wajib Kamu Ketahui. Ada Penambahan Jumlah Balapan yang Masih Penuh Pro-Kontra Nih!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Andika Pratama | @andikapratama

Silahkan login untuk memberi komentar

Alibaba Alibabi | @alibabaalibabi

Nice Post Good ArticleDaftar Uber Online

OR SUBSCRIBE