16K
Terkadang, pembuat film telah mengeluarkan biaya yang cukup besar, tetapi tidak berbanding lurus dengan kualitas yang dihasilkan.

Film sebagai media hiburan, terkadang hanya mementingkan apa yang akan mereka dapatkan di akhir, daripada kualitas untuk membuat penonton merasa puas. Memang besar anda harus mengeluarkan banyak uang. Padahal, tidak semua film yang mengeluarkan biaya mahal, akan menghasilkan hasil atau kualitas yang maksimal. Terkadang, pembuat film telah mengeluarkan biaya yang cukup besar, tetapi tidak berbanding lurus dengan kualitas yang dihasilkan.

Akhirnya, semua tergantung pada hasil akhir. Penonton bisa puas dengan sebuah film, tetapi bisa juga justru kecewa, karena kualitas film yang tidak sesuai dengan harapan.

Berikut ini adalah 10 film dengan biaya mahal. Untuk hasil akhir, silakan kamu yang menilai.

1. King Kong (2005)

Sutradara: Peter Jackson

Biaya: $250 juta USD

Film King Kong adalah salah satu film dengan biaya termahal yang pernah diciptakan. Film ini bercerita tentang sekelompok orang yang melakukan perjalanan ke sebuah pulau terpencil untuk menyelesaikan sebuah film ciptaan Carl Denham.

Proses pembuatan film ini, harus menghabiskan biaya sebesar $250 juta. Untung saja, saat film tampil dalam Box Office, Peter Jackson berhasil mendapatkan pendapatan sebesar $550 juta. Yang paling menghabiskan biaya untuk film ini adalah karakter Kong itu sendiri.



2. Avatar (2009)

Sutradara: James Cameron

Biaya: $261 juta USD

Avatar ciptaan James Cameron adalah salah satu film termahal yang pernah diciptakannya. Ya, film ini menghabiskan biaya mencapai $261 juta USD. Biaya ini muncul dengan merekrut scriptwriters yang luar biasa, hanya untuk mengajarkan bahasa-bahasa yang baru ia ciptakan pada 100 aktor lebih. Belum lagi dengan biaya untuk menjadikan film ini sebagai 3D. Dia juga mempekerjakan WETA, sebuah perusahaan Visual Effect. Maka, tidak aneh bila film ini berbiaya sangat mahal.



3. Waterworld (1995)

Sutradara: Kevin Reynolds

Biaya: $271 juta USD

Film yang diperankan oleh Kevin Costner ini adalah yang paling berbiaya mahal untuk sebuah film yang diproduksi pada tahun 1995. Biaya besar yang dikeluarkan pun dirasa kurang sepadan dengan kualitas hasil akhirnya. Film ini terkena banyak kritik dari para kritikus film. Film ini hanya menghasilkan $88 juta USD. Sangat berbanding terbalik dengan biaya produksi yang dikeluarkan.


4. John Carter (2012)

Sutradara: Andrew Stanton

Biaya: $271 juta USD

Entah apa yang dilakukan oleh Andrew Stanton dan Disney. Film ini justru menjadi yang paling buruk dalam sejarah Disney. Biaya yang dikeluarkan untuk produksi film sangatlah besar. Satu bulan setelah film ini rilis, Ketua Walt Disney Studios saat itu, Rich Ross, langsung mundur dari jabatannya.



5. Harry Potter and the Half-Blood Prince (2009)

Sutradara: David Yates

Biaya: $275 juta USD

Ini adalah seri Harry Potter yang paling mahal yang pernah diproduksi. Film ini sebenarnya mendapat banyak kritik dari para kritikus. Namun, dengan pendapatan yang dari dalam dan luar negeri, sebesar $934 juta USD, rasanya film ini tidak begitu buruk.


6. Avengers: Age of Ultron (2015)

Sutradara: Joss Whedon

Biaya: $280 juta USD

Film superhero Marvel ini, bisa dibilang sukses di seluruh dunia. Bagaimana bisa? Ya, hal ini dikarenakan pendapatan mereka dari seluruh dunia, yang mencapai hampir $1,3 miliar USD. Namun, siapa yang bisa menilai suksesnya sebuah hanya dari pendapatan yang didapat. Semua kembali lagi pada kepuasan penonton.



7. Tangled (2010)

Sutradara: Nathan Greno & Byron Howard

Biaya: $281 juta USD

Tangled menjadi salah satu film termahal, karena harus mendapatkan akhir cerita yang benar. Belum lagi, dengan penggunaan teknologi CGI. Dan ditambah dengan adanya pengulangan dalam mendesain karakter Rapunzel.


8. Spider-Man 3 (2007)

Sutradara: Sam Raimi

Biaya: $293 juta USD

Spider-Man 3 karya Sam Raimi ini, menghabiskan biaya yang sangat besar. Dari manakah biaya sebesar itu muncul? Ya, biaya itu berasal dari penggunaan CGI, biaya promosi dan pemasaran, dan tentu saja mahalnya gaji para bintangnya.


9. Titanic (1997)

Sutradara: James Cameron

Biaya: $294 juta USD

Kembali lagi ke James Cameron. Sebelum memproduksi Avatar, James pernah lebih dulu menciptakan film Titanic. Biaya film ini, bahakan lebih mahal dibandingkan dengan Avatar. Namun, Titanic menjadi salah satu film tersukses yang pernah diciptakan oleh James Cameron.


10. Pirates of the Carribean: On Stranger Tides (2011)

Sutradara: Rob Marshall

Biaya: $397 juta USD

Ini adalah film dengan biaya produksi termahal yang pernah dibuat sejauh ini. Banyak orang yang menunggu kembali aksi Kapten Jack Sparrow (Johnny Depp). Namun sayang, penantian panjang penonton kurang terbayarkan. Kenyataannya, film ini tidak lebih baik dari film sebelumnya, yaitu Pirates of the Carribean: At World’s End (2007).


BACA JUGA


Film-Film Anime Karya Makoto Shinkai Ini Cocok Ditonton Para Pasangan yang Baru Jadian

Film-Film Anime Karya Makoto Shinkai Ini Cocok Ditonton Para Pasangan yang Baru Jadian

Makoto Shinkai memang memiliki ciri khas dengan tema-tema drama asmara. Hal itu ia praktekkan dalam film ini. Kali ini bahkan jauh lebih ...

Read more..

Bagaimana? Apakah kalian sudah pernah menonton film-film di atas?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Film-Film dengan Biaya Produksi Paling Mahal. Ada yang Sukses, Ada Pula yang Nggak Balik Modal!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rafii Yanuardi | @rafiiyanuardi

Silahkan login untuk memberi komentar

OR SUBSCRIBE