422
Hari pertama kerja merupakan kesempatan awal untuk memberikan first impression yang baik bagi atasan dan rekan-rekan kerja di kantor.

Saat memasuki hari pertama kerja tentu perasaan kita campur aduk, mulai dari senang, antusias, bahkan gugup bagaimana menghadapi lingkungan kerja yang baru. Hal ini wajar terjadi di saat hari pertama kerja karena kita akan cenderung membayangkan bagaimanan nanti di lingkungan kerja yang baru. Selain itu, kamu pun tentu ingin memberikan kesan yang baik agar dilirik oleh atasan dan juga bisa bersosialisasi dengan rekan-rekan kerja baru.

Buat kamu yang akan masuk kerja pertama kali tidak usah takut, berikut adalah 8 tips yang dapat membantu kamu menghadapi hari pertama kerja.


1. Melakukan riset

Photo Credit : StockPictures.io

Tindakan ini merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan sebelum masuk kerja hari pertama. Kamu dapat melakukan riset untuk mencari tahu mulai dari informasi-informasi seputar budaya di perusahaan, struktur perusahaan, hingga calon rekan kerjamu di perusahaan. Dengan melakukan riset, ketika kamu masuk, tidak akan terlalu clueless karena kamu sudah mengetahui informasi-informasi yang kamu cari sebelumnya.


2. Jangan datang terlambat


Sebagai karyawan baru, usahakan untuk tidak datang terlambat atau mepet dengan waktu masuk kerja. Setidaknya, kamu sudah harus ada di kantor 15 menit sebelum jam kerja dimulai. Dengan datang lebih awal, kamu bisa menghindari kemungkinan-kemungkinan tak terduga seperti macet, ban kendaraan bocor, dan segala kemungkinan lainnya yang bisa saja membuat kamu datang terlambat. Datang lebih awal juga dapat membuatmu beradaptasi lebih awal dengan lingkungan kerjamu.


3. Berpakaianlah sesuai dengan budaya yang ada di kantormu

Photo Credit : pexels.comhttp://bagaya.id/post/siapakah-brand-ambassador-sesungguhnya

Jangan sampai kamu salah kostum di hari pertama kerja. Berpakaianlah sesuai dengan budaya yang ada di kantormu seperti yang telah kamu riset sebelumnya. Usahakan untuk tidak memakai warna pakaian yang terlalu mencolok, terlalu ketat atau mini, dan aksesori berlebihan. Gunakanlah warna-warna natural seperti putih, hitam, krem atau warna-warna dasar lainnya yang menjadi favoritmu. Pastikan pakaianmu rapi dan bersih agar penampilanmu di hari pertama kerja bisa memberikan kesan yang baik.


4. Bersikaplah sopan dan ramah

Photo Credit : myrentspecials.com

Di hari pertama kerja nanti, berarti kamu akan bertemu dengan orang-orang baru yang tidak kamu kenal sebelumnya. Bersikaplah ramah dan sopan, ini akan membuat rekan-rekan kerja dan atasanmu memiliki kesan yang baik atas dirimu. Jika kamu kurang ramah, lingkungan kerjamu akan menjadi kurang baik karena kamu akan menjadi orang yang sulit beradaptasi karena rekan kerjamu sulit untuk mendekatimu. Itu bisa juga lho berdampak pada performa kerjamu. So, tidak ada salahnya bukan, untuk bersikap sopan dan ramah, meskipun bagi beberapa orang sulit dilakukan pada orang yang baru dikenal.


5. Usahakanlah untuk mengingat nama mereka

Photo Credit : medium.com

Sebelum memulai pekerjaan, biasanya kamu akan dikenalkan dengan rekan-rekan kerja yang akan bekerja bersama denganmu di kantor tersebut. Setelah berkenalan, usahakanlah untuk mengingat nama mereka karena dengan memanggil nama, orang akan merasa akan lebih dihargai. Jika kamu termasuk orang yang susah menghafal nama orang, kamu dapat jujur dan bertanya kembali siapa nama rekan kerja kamu. Bangunlah hubungan baik dengan rekan kerjamu karena itu akan mendukung performa kerjamu untuk saling bekerja sama dan itu akan membuat dirimu semakin berkembang.


6. Jangan malu bertanya

Photo Credit : pexels.com

Pepatah mengatakan "Malu bertanya sesat di jalan", apabila ada hal yang membingungkan atau kurang yakin, jangan malu bertanya daripada kamu membuat kesalahan yang fatal dan itu bisa membuat kesan pertamamu menjadi kurang baik. Kamu dapat bertanya kepada atasanmu atau rekan kerjamu tentang hal-hal yang masih kurang jelas.


7. Tunjukkan sikap antusiasme

Photo Credit : pexels.com

Hari pertama bekerja bisa jadi kamu akan menjadi pusat perhatian dan orang-orang sekitar akan melihat bagaimana kerjamu. Tunjukkan sikap antusias ketika sedang melakukan pekerjaan, karena ini akan menjadi poin penting bagimu. Tetapi jangan sampai kamu terlalu semangat, hingga ingin menonjol dibanding rekan-rekan kerja lainnya dengan menjatuhkan rekan kerjamu ya, karena dapat memberikan kesan yang kurang baik di mata rekanmu bekerja. Selain itu, kamu juga dapat menunjukkan antusias dengan mengajak bicara terlebih dahulu rekan kerja, tetapi pastikan mereka sedang sibuk atau tidak.


8. Patuhi peraturan

Photo Credit : startupweekend.org

Ketika menjadi karyawan baru, kamu harus mematuhi peraturan-peraturan di perusahaan terebut. Misalnya jam masuk dan pulang kantor, cara berpakaian, hingga jam makan siang yang harus kamu patuhi. Setelah kamu mengetahui peraturan-peraturan tersebut, jangan sampai kamu melanggarnya karena kamu akan mendapatkan kesan buruk. Jika kamu termasuk orang yang disiplin dalam menaati peraturan, maka bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan promosi oleh atasanmu.

[readmore]http://bagaya.id/post/lelaki-tua-dan-pelayan-mcdonald[readmore]

Dengan mempersiapkapkan segala sesuatunya dengan baik, kamu tidak perlu khawatir dan takut lagi ketika menghadapi hari pertama kerja. Meskipun terkadang kamu telah mempersiapkannya dengan baik, tetapi mungkin ada saja yang tidak sesuai rencana, hal tersebut bukanlah masalah karena paling tidak kamu sudah memberikan yang terbaik, bukan?



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Hari Pertama Kerja? Jangan Panik! Berikut Racikan Tipsnya untuk Bisa Langsung Bersosialisasi". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Aditama Aditama | @aditama

OR SUBSCRIBE