491
Melakukan hobi yang disukai tentu adalah hal yang sangat menyenangkan. Lalu bagaimana jika hobi tersebut juga bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah?

Hampir setiap orang bekerja untuk memperoleh penghasilan. Tak jarang, tuntutan finansial mengharuskan seseorang untuk melakukan hal lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tidak semua orang bekerja sesuai bidang yang diminatinya. Melakukan hobi yang disukai tentu dapat menjadi hiburan tersendiri. Sebenarnya, jika kamu bisa melihat peluang maka hobi juga memiliki potensi untuk mendatangkan uang. Tentunya hal ini akan sangat menyenangkan, jika dapat melakukan sesuatu yang kamu sukai sekaligus menambah penghasilan. Bahkan jika kamu bersungguh-sungguh menggelutinya maka bukan tidak mungkin kamu akan meraih sukses dengan keuntungan yang besar. Lalu, apa saja hobi yang berpotensi untuk mendatangkan penghasilan tambahan? Simak ulasan berikut.


1. Bermain game

Photo credit: Flexjobs

Main game? Kenapa tidak? Banyak orang beranggapan bahwa bermain game adalah kegiatan yang tidak produktif dan buang-buang waktu. Padahal sebenarnya banyak loh manfaat yang bisa diambil dari bermain game. Selain bisa menyalurkan hobi, bermain game ternyata bisa menjadi peluang bisnis yang amat menguntungkan. Mungkin bagi kamu yang merupakan seorang gamer tidak asing dengan akun, karakter, atau aksesoris. Hal tersebutlah yang dapat diperjualbelikan. Buat kamu yang sudah di level expert mungkin bisa mengikuti berbagai turnamen, seperti DOTA atau Mobile Legend dengan hadiah yang lumayan fantastis bagi pemenangnya. Atau kamu juga bisa membuat tutorial game yang bisa kamu upload di media sosial seperti YouTube. Ada banyak contoh YouTuber gaming yang sukses seperti Markiplier, CaptainSparklez, PewDiePie, dan lain.


2. Fotografi

Photo credit: Pixnio

Hobi yang satu ini bisa dibilang merupakan hobi yang cukup mahal. Kamu perlu mengeluarkan biaya untuk membeli berbagai peralatan seperti kamera dan aksesoris lainnya. Namun, yang paling terpenting bukanlah alat yang digunakan tapi skill yang kamu miliki. Kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dari hobi ini loh. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang dari fotografi. Kamu bisa menawarkan jasa pemotretan untuk sejumlah event, misalnya prewedding, wedding, promnight, wisuda, atau memotret model. Selain itu, kamu juga bisa menjual hasil karya jepretan kamu di situs online stock photos seperti 123rf, ShutterStock, atau Dreamstimes. Namun, biasanya kamu akan mendapat pembayaran sesuai dengan download atau pembeli foto kamu yang ada di situs tersebut.


3. Blogging

Photo credit: Hizam

Bukan menjadi hal yang baru kalau blog bisa menghasilkan uang. Sumber penghasilan dari seorang blogger biasanya didapat dari pemasangan iklan. Untuk itu, kamu perlu membuat konten menarik di dalam blog untuk meningkatkan jumlah viewers. Kamu juga harus rajin mempromosikan blog kamu agar semakin banyak dikunjungi. Dengan begitu semakin besar pula peluang iklan untuk di-klik dan kamu akan mendapatkan uang. Tentunya harga untuk iklan yang dipasang sangat beragam, tergantung ukuran dan jenisnya.


4. Menggambar atau bikin desain

Photo credit: Movilzona

Buat kamu yang hobi menggambar tapi selama ini cuma iseng, mungkin tidak ada salahnya untuk dijadikan bisnis. Kamu bisa menjual hasil karya gambar atau lukisan kamu. Jika gambar kamu menarik, tentunya ada banyak sekali peminat yang akan membeli. Kamu bisa memasarkannya dengan mengikuti pameran atau bahkan membuka galeri sendiri. Atau mungkin kamu bisa mengikuti perlombaan atau sayembara dengan hadiah jika kamu bisa mendapat gelar juara. Bagi kamu yang terbiasa menggambar di komputer atau membuat desain, kamu bisa memuat logo untuk perusahaan atau lembaga tertentu. Kamu juga bisa mendapatkan honor dari membuat animasi, ilustrasi, iklan, atau desain website.


5. Travelling

Photo credit: Shutterstock

Siapa bilang jalan-jalan cuma akan menghambur-hamburkan uang? Kamu juga bisa mendapatkan uang dari hobi travelling asal tahu caranya. Ini masih ada kaitannya dengan poin sebelumnya. Mungkin kamu bisa menjadi travel blogger atau travel photographer. Kamu bisa menulis diblog tentang perjalanan yang kamu lakukan atau memposting foto-foto perjalanan kamu di Instagram. Jika viewers dan followers kamu banyak maka kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk memasang iklan atau meng-endorse suatu produk. Selain itu kamu juga bisa mencoba menjadi tour guide atau pemandu wisata.

BACA JUGA


Jago Berbahasa Asing Jadi Skill Wajib, 8 Keuntungan Ini Akan Kamu Dapatkan Saat Kamu Bisa Menaklukannya

Jago Berbahasa Asing Jadi Skill Wajib, 8 Keuntungan Ini Akan Kamu Dapatkan Saat Kamu Bisa Menaklukannya

Jika kamu cukup jago berbahasa asing, kamu dapat memanfaatkan keahlianmu tersebut untuk menambah sumber pendapatanmu, loh

Read more..

Itulah bebrapa hobi yang berpotensi untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Sebenarnya apa pun hobi yang kamu miliki, kalau kamu serius dan bersungguh-sungguh menggelutinya akan menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Yang dibutuhkan adalah semangat dan jangan pantang menyerah. Selamat mencoba!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Hobi-Hobi Ini Bisa Datangkan Penghasilan Tambahan Loh. Nggak Cuma Menyenangkan, Tapi Juga Bisa Memapankan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Andika Pratama | @andikapratama

Silahkan login untuk memberi komentar

Alibaba Alibabi | @alibabaalibabi

Kerja Freelance

OR SUBSCRIBE