1.9K
Tak banyak orang yang tahu bahwa bekerja di bank tak selalu menuai kesan manis. Ada beberapa konsekuensi yang harus dijalani jika kamu memilih profesi ini.

Menjadi seorang pegawai bank, barangkali adalah salah satu idaman bagi beberapa orang. Beberapa orang bahkan menganggap karier sebagai bankir sebagai dream job yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan dalam hidup. Kesejahteraan finansial hingga jenjang karier yang gilang-gemilang. Selain itu, di mata masyarakat pekerjaan ini memiliki prestise tersendiri. Bahkan, ada beberapa orang tua yang sangat menginginkan anaknya bekerja di bank atau memiliki seorang menantu pegawai bank. Semuanya yang berhubungan dengan indutri perbankan, selalu dipandang cemerlang.

Padahal, tak banyak orang yang tahu bahwa bekerja di bank tak selalu menuai kesan manis. Ada beberapa konsekuensi yang harus dijalani jika kamu memilih profesi ini. Berikut ini 6 hal yang bisa jadi bahan pertimbanganmu sebelum memilih profesi bankir.


1. Kamu harus siap pulang malam, workload dunia perbankan sangat tinggi

photo credit: London Health

Dunia industri perbankan adalah dunia kerja dengan workload tinggi. Maka, jangan heran bila beban pekerjaan yang kamu terima saat pertama kali bekerja bertumpuk-tumpuk. Kamu harus siap bekerja penuh waktu di depan layar komputer sembari melihat portofolio pekerjaanmu. Selain itu, bila akhir bulan menjelang, kamu tentu harus siap dengan beban pekerjaan yang semakin bertambah. Sebab, pada akhir bulan, semua industri perbankan pasti mengejar target dana dan target pinjaman. Jadi bersiaplah!


2. Kerapian menjadi hal yang utama

photo credit: tiptipseru

Kerapian adalah nomor satu dalam dunia perbankan. Hal ini dianggap sebagai citra yang harus ditampilkan semua bank, terutama bagi kamu yang berhadapan langsung dengan nasabah. Bahkan, sebelum memulai bekerja biasanya ada semacam training khusus tentang kerapian. Kerapian ini juga berlaku dalam hal teknis pekerjaan, seperti cara merapikan map dan berkas lainnya. Maka, bagi kamu yang belum terbiasa rapi tetapi sangat ingin bekerja di bank, biasakanlah dirimu untuk rapi.


3. Seorang bankir harus memiliki modal ketelitian dan detail oriented

photo credit: profesional bank

Kesalahan satu nominal angka dalam dunia perbankan bisa berakibat sangat fatal. Oleh karenanya, kamu dituntut bekerja dengan asas kehati-hatian. Teliti dalam pekerjaan. Jangan sampai kamu harus menanggung risiko hanya karena kelalaian satu nominal angka. Misalnya, jika kamu seorang teller, kamu lupa satu nol ketika kamu menulis nominal dalam bilyet deposito, yang seharusnya kamu tulis dua puluh juta justru kamu tulis dua juta. Oleh sebab itu, berhati-hatilah dalam bekerja.


4. Kamu harus bermental baja

photo credit: tiptipseru


Seperti sektor industri lainnya, tekanan kerja dalam dunia perbankan juga tinggi. Bahkan mungkin lebih tinggi. Maka, jangan heran jika kamu dimarahi oleh rekan kerja atau atasanmu yang biasanya murah senyum. Tekanan pekerjaan yang tinggi menuntut semua karyawan untuk bekerja tanpa kesalahan. Jadi, upayakanlah untuk terus bekerja dengan sebaik mungkin.


5. Kamu harus siap menerima risikonya

photo credit: The Huffington Post

Risiko dalam dunia perbankan tidak main-main. Apalagi jika pekerjaanmu langsung mengurusi uang. Semakin tinggi posisimu, semakin besar pula risikomu. Jika kamu menduduki posisi teller, kamu harus siap dengan selisih yang terjadi pada kas. Apalagi jika kamu menjadi account officer yang bertugas menganalisa kelayakan kredit pinjaman, kamu harus siap bila suatu hari nanti ada kredit yang macet. Risiko ini tentu berlaku untuk segala posisi dengan kadarnya masing-masing.


6. Kamu harus siap bekerja di bawah target tinggi

photo credit: Daily Mail

Setiap perusahaan pasti memliki target. Tak terkecuali perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Target ini didistribusikan ke semua divisi. Dari frontliner sampai bagian back office. Jadi, kamu harus siap dengan target dan merencanakan cara untuk mencapai target tersebut. Jangan pernah terlena dan bersantai-santai.

BACA JUGA


Hari Pertama Kerja? Jangan Panik! Berikut Racikan Tipsnya untuk  Bisa Langsung Bersosialisasi

Hari Pertama Kerja? Jangan Panik! Berikut Racikan Tipsnya untuk Bisa Langsung Bersosialisasi

Hari pertama kerja merupakan kesempatan awal untuk memberikan first impression yang baik bagi atasan dan rekan-rekan kerja di kantor

Read more..

Itu dia 6 hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memilih profesi bankir. Kini, kamu tahu bahwa semua profesi selalu hadir dengan tanggung jawab. Seperti profesi lainnya, menjadi bankir pun tak hanya memiliki sisi manis.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ingin Menjadi Bankir? Inilah 6 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Memilih Profesi Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rakhmad Permana | @rahmadmercy

Domisili di Subang. Kegiatan sehari-harinya adalah bermain dengan ikan-ikan di kolam milik kakeknya.

Silahkan login untuk memberi komentar

OR SUBSCRIBE