1.3K
Jika kamu cukup jago berbahasa asing, kamu dapat memanfaatkan keahlianmu tersebut untuk menambah sumber pendapatanmu, loh!

Bahasa merupakan pengantar komunikasi antara satu individu dengan yang lainnya. Memasuki era globalisasi ini, menguasai bahasa asing merupakan hal yang penting karena memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari terlebih untuk peluang pekerjaan. Maka dari itu tidak ada salahnya kamu untuk mulai fokus mempelajari bahasa asing, karena di masa sekarang di bidang pekerjaan khususnya, keahlian bahasa asing sangatlah diperlukan, seperti misalnya bahasa inggris.

Di artikel berikut ini ada 8 keuntungan yang akan kamu dapatkan jika kamu mahir berbahasa asing, yuk kita cari tahu!


1. Pundi-pundi uang bertambah

source: pexels

Jika kamu cukup jago berbahasa asing, kamu dapat memanfaatkan keahlianmu tersebut untuk menambah sumber pendapatanmu, loh! Caranya, kamu bisa menjadi guru les bahasa asing baik pada suatu lembaga belajar atau pun privat. Selain menjadi guru les, kamu juga dapat menjadi translator yang bertugas menerjemahkan buku-buku atau film-film asing yang membutuhkan subtitle. Selain itu, bisa juga menjadi seorang tour guide bagi turis asing dan seorang script writer untuk naskah pidato berbahasa inggris bagi tokoh-tokoh yang ada di daerahmu. Dari peluang pekerjaan itu tentu tidak sedikit uang yang bisa kamu dapatkan, selain pundi-pundi bertambah ilmu kamu pun menjadi bermanfaat untuk banyak orang.


2. Koneksimu pun semakin luas bahkan bisa berskala internasional

source: pexels

Kalau sudah jago berbahasa asing, ketika mengikuti forum-forum berskala internasional atau rekan kerja asing, kendala bahasa bukanlah suatu yang harus dipikirkan. Saling mengerti apa yang diucapkan, membuat interaksi menjadi semakin mudah dengan lawan bicara. Mahir berbahasa asing juga dapat membuat kepercayaan diri kita meningkat, karena bisa dengan lancar saat berbicara. Ini akan membuat kesempatan kerjamu dan koneksimu semakin luas.


3. Memudahkanmu saat travelling

source: pexels

Saat sedang berjalan-jalan ke luar negeri, kita tidak dapat selalu mengandalkan gadget kita untuk memperoleh arah terlebih jika baterainya habis. Satu-satunya jalan adalah dengan bertanya kepada penduduk lokal. Berbicara dengan menggunakan bahasa negara mereka, membuat penduduk lokal merasa dihargai karena ada orang asing yang mau belajar bahasa negara mereka. Terkadang, dengan menggunakan bahasa lokal ketika sedang berbelanja kamu akan mendapatkan diskon dari si penjual, wah patut dicoba kan?


4. Mempermudah mendapatkan pekerjaan

source: pexels

Saat ini, banyak perusahaan-perusahaan menetapkan kemahiran berbahasa asing ketika menyeleksi karyawan barunya. Seperti yang sudah disinggung pada poin sebelumnya, peluangmu akan lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak mahir berbahasa asing. Peluang untuk bekerja di perusahaan multinasional menjadi lebih tinggi, dan bukan tidak mungkin kamu akan ditugaskan di negara lain karena kemampuan berbahasa asingmu yang baik.


5. Mendapatkan beasiswa international

source: pexels

Siapa sih yang nggak mau berkuliah di luar negeri tanpa biaya? Jika kamu salah satunya, maka kemahiran berbahasa asing merupakan salah satu syarat wajib untuk kamu kuasai. Meskipun dengan syarat yang berbeda-beda, yang paling umum adalah dengan memiliki nilai TOEFL atau IELTS minimum sebesar 550 atau 6.5. Jika diterima nanti, kamu pun tidak akan kesulitan di dunia perkuliahan yang menggunakan buku-buku akademik berbahasa asing, kan?


6. Menjadi duta negara Indonesia

source: abnonutara.org

Manfaat mahir berbahasa asing, membuka kesempatan untuk kamu menjadi duta bagi Indonesia di negara-negara asing tersebut. Kamu dapat dengan baik mempromosikan keindahan Indonesia pada event-event internasional atau menjadi delegasi untuk mewakili Indonesia pada sebuah konferensi internasional. Selain itu, data dari Kementerian Pariwisata menyebutkan bahwa jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia per November 2016 sebesar 10,4 juta orang. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk turut memperkenalkan budaya-budaya Indonesia. Kamu juga dapat mengikuti pemilihan duta-duta wisata daerah, seperti Abang-None Jakarta untuk mempromosikan wisata daerahmu ke dalam dan luar negeri.


7. Ilmu pengetahuan yang akan semakin bertambah

source: pexels

Saat ini, banyak jurnal-jurnal dan buku-buku asing yang masih belum diterjemahkan ke Bahasa Indonesia. Selain itu, pada beberapa buku terdapat juga arti yang berbeda ketika diterjemahkan. Jika kamu mahir berbahasa asing, kamu tidak perlu membeli buku yang sudah diterjemahkan. Kamu dapat membeli buku dengan bahasa aslinya yang dapat kamu terjemahkan dan artikan sendiri dengan pemahamanmu. Hal tersebut tentunya dapat menambah ilmu pengetahuanmu dengan membaca dari sumber asli langsung yang tidak ada pada Bahasa Indonesia.


8. Mencegah alzheimer

source: pexels

Menurut penelitian yang dilakukan oleh dr Bialystok dan dipublikasikan dalam jurnal Neuropsychologia tahun 2007, seseorang yang setidaknya dapat berbicara dalam dua bahasa, dapat menunda alzheimer selama kurang lebih hingga 4-5 tahun. Setidaknya kamu dapat menunda meskipun tidak membuat tubuh kebal terhadap penyakit ini. Mencegah lebih baik dari mengobati kan?

[readmore]http://bagaya.id/post/hari-pertama-kerja-jangan-panik-berikut-racikan-tipsnya-untuk-bisa[readmore]

Setelah mengetahui manfaat dari mahir berbahasa asing ternyata segudang manfaat bisa kamu milki. Apakah kamu masih malas untuk belajar bahasa asing?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jago Berbahasa Asing Jadi Skill Wajib, 8 Keuntungan Ini Akan Kamu Dapatkan Saat Kamu Bisa Menaklukannya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Aditama Aditama | @aditama

Silahkan login untuk memberi komentar

OR SUBSCRIBE