1.4K
Pernikahan secara adat merupakan salah satu hal yang paling menguras energi karena rangkaian yang panjang, serta menghabiskan budget yang tidak sedikit pula.

Biaya pernikahan sebenarnya tidaklah mahal. Kamu hanya perlu menemui pihak berwenang dan mengesahkan penikahanamu secara hukum di KUA. Dilihat dari segi biaya secara hukum tentu saja tidak mahal. Salah satu hal yan membuat pernikahan menjadi mahal adalah pesta pernikahan, belum lagi apabila pernikahan yang kamu lakukan terkena hukum adat yang memiliki syarat tidak sederhana. Pernikahan secara adat merupakan salah satu hal yang paling menguras energi karena rangkaian yang panjang, serta menghabiskan budget yang tidak sedikit pula. Persiapkan keuanganmu bro apabila kamu berminat atau punya impian untuk menikah dengan gadis yang berasal dari beberapa daerah ini. Tidak perlu takut selama kamu mempersiapkan pernikhanmu dengan baik. Cara lainnya tentu saja dengan menabung mulai dari sekarang.


1. Menikah dengan gadis batak maka kamu wajib membayar sinamot

photo credit: https://3.bp.blogspot.com

Gadis Batak merupakan salah satu yang paling mahal dalam pernikahan adatnya karena untuk menyelenggarakan pesta adat pernikahan Batak kamu harus menyediakan uang setidaknya ratusan juta rupiah. Mahar yang harus kamu tebus untuk gadis Batak berupa sinamot ni boru Batak yang artinya pembelian perempuan Batak. Sinamon sendiri akan berbeda-beda tergantung pada latar belakang pendidikan sang gadis. Harga sinamot untuk gadis batak lulusan SD mulai dari 6 juta sedangkan untuk yang lulusan sarjana bisa sampai 50 juta. Pertama-tama kamu harus menemui orang tua gadis tersebut dan bersama-sama menegosiasikan harga sinamon sesuai dengan kesepakatan.


2. Bowo berupa 25 ekor babi dengan kisaran harga 1 juta satu ekor utuk seorang gadis Nias

photo credit: Boombastis

Bowo artinya hadiah cuma-cuma yang diberikan oleh pihak laki laki sebagai ganti mahar kepada perempuan. Sayang sekali hadiah tersebut ada harganya, yang harus dibayar sesuai dengan kesepakatan adat yang telah ditentukan sejak duhulu kala. Bowo yang disepakati sekitar 25 ekor babi dengan kisaran harga satu ekor babi satu juta rupiah. Oleh karena itu, setidaknya kamu memiliki tabungan sebesar dua puluh lima juta. Apabila kamu tidak sanggup, tenang ada cara lain berupa mengabdi kepada ayah mertuamu sampai nilai maharnya dianggap lunas.


3. Hanya di Lombok jarak rumah mempelai pria dan perempuan dihitung untuk menentukan biaya pernikahan

photo credit: Seputar Pernikahan

Di Lombok yang terkenal dengan tradisi adat suku sasak yang kental tidak terkecuali untuk pesta pernikahan yang diselenggarakan. Biaya menikah akan ditentukan dari jarak rumah mempelai pria dengan mempelai perempuan. Semakin jauh jarak rumah antara kedua mempelai maka semakin mahal biaya yang harus dibayar oleh sang pria. Tidak hanya jarak yang dihitung akan tetapi juga status kebangsawanan, tingkat pendidikan, dan pekerjaan calon istri. Wanita dengan pekerjaan sebagai pegawai negeri maharnya akan berkisar antara 10 juta sampai dengan 250 juta.


4. Uang panai sesuai dengan tingkat pendidikan dan derajat sang wanita

Sebagai pengganti mahar, orang bugis menyebutnya uang panai. Uang tersebut akan diberikan oleh mempelai pria kepada calon memepelai wanita sebagai biaya untuk mengadakan pesta pernikahan dan belanja selama diadakan pesta pernikahan. Uang ini merupakan uang yang wajib untuk dibayar sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Tidak berhenti samapai uang panai, kamu harus juga memperhitungkan tingkat pendidikan calon kamu. Apabila dia lulusan sarjana, maka minimal uang yang harus kamu bayar adalah 70 juta dan itu belum termasuk perhiasan dan tanah yang harus kamu berikan kepada mertuamu.


5. Mayam emas untuk seorang gadis aceh

Adat aceh mengharuskan seorang pria yang akan melamar wanita aceh membayar mahar dengan hitungan mayam emas. Satuan mayam emas biasa digunakan oleh masyarakat aceh untuk transaksi sehari-hari. Satu mayam emas ukurannya sekitar 3,33 gram. Apabila harga emas di pasar sekitar lima ratus ribu rupiah, maka total satu mayam emas yang harus dibayar adalah 1,7 juta rupiah. Rata-rata mayam yang harus dibayar adalah tiga sampai tiga puluh. Jangan lupa pula untuk membayar seluruh rangkaian acara seperti pertunangan, seserahan, sampai acara puncak berupa pesta pernikahan.

BACA JUGA


Kiat Sukses Akrab dengan Camer dan Keluarga Pacar. Biar Restu Nggak Perlu Kamu Buru!

Kiat Sukses Akrab dengan Camer dan Keluarga Pacar. Biar Restu Nggak Perlu Kamu Buru!

Pasti sesekali kamu pernah mengantar pacarmu pulang, nah ini merupakan kesempatan bagus untuk sekadar singgah sebentar menyapa kedua orang ...

Read more..
Semua hal di atas akan kalah dengan yang namanya cinta bro. Kalau memang cinta maka harus diperjuangkan. Segera persiapkan dan tentunya lakukan perencanaan keuangan sedini mungkin agar jalan mendapatkan dia bisa lancar. Good Luck!

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jika Calon Istrimu dari Beberapa Daerah Ini, Inilah Persiapan Keuangan untuk Melamarnya Kelak. Jangan Kaget Yah!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


achmad cori | @achmadcori

Silahkan login untuk memberi komentar

Alibaba Alibabi | @alibabaalibabi

umr jakarta memang tinggi tapi sesuai dengan pengeluarannya

OR SUBSCRIBE