6.4K
Sayangnya, mereka yang menginjak usia 20-30an memiliki aktivitas yang begitu banyak sehingga merasa kesulitan menjalani hidup sehat.

Kesehatan bukanlah hal yang cuma harus dipikirkan oleh orang yang sudah tua, tetapi juga harus dipikirkan oleh kamu yang muda. Bahkan sejak usia 20an pun kamu sudah harus memikirkannya. Menjaga kesehatan di usia muda dapat menentukan kesehatanmu saat tua nanti.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Northwestern menunjukkan bahwa mereka yang menjalani gaya hidup sehat sejak awal usia 20an memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih kecil. Mereka yang berusia di atas 30 tahun pun dapat tetap sehat dan bugar selama mereka tidak mengonsumsi alkohol yang berlebih, tidak merokok, diet sehat, dan olahraga secara teratur. Sayangnya, mereka yang menginjak usia 20-30an memiliki aktivitas yang begitu banyak sehingga merasa kesulitan menjalani hidup sehat. Ketidaksadaran akan pentingnya gaya hidup sehat ini membuat mereka mengabaikan olahraga dan pola makan yang baik.

Kamu yang kini menginjak usia 20an, inilah 7 kebiasaan baik yang harus kamu lakukan mulai sekarang, menurut para ahli jika ingin sehat dan bugar hingga usia 30an ke atas.


1. Kontrol berat badan dengan sering menimbang berat badan

Dengan menimbang, kamu bisa mengontrol berat badan. Menurut Susan Roberts, Profesor Nutrisi Universitas Tuft dan salah satu pendiri iDiet Weight Management Program, orang yang berusia 20 tahun ke atas akan lebih mudah mengalami kenaikan berat badan. Pastikan kamu memiliki timbangan berat badan agar bisa memantau berat badanmu secara teratur.

photo credit: Shutterstock


2. Mulailah belajar memasak


Makan masakanmu sendiri tak hanya lebih sehat dibandingkan dengan makanan yang dibeli dari luar, tetapi juga bisa menghemat pengeluaranmu. Tapi bukan sembarang masakan, kamu juga harus menambahkan sayuran dan buah-buahan dalam menu harianmu. Sayur dan buah memiliki kandungan yang diperlukan tubuhmu.

Menurut Barbara J. Rolls, Profesor dan Guthrie Chair of Nutritional Sciences di Penn State, saat memasak, lambat laun kamu akan bisa belajar untuk mengontrol jumlah lemak, gula, dan garam yang kamu konsumsi. Selain itu, kamu juga bisa memastikan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak lebih dari yang seharusnya.

Photo Credit : eatwell101


3. Kurangi asupan gula

Pada dasarnya tubuh memang membutuhkan gula, tapi kamu harus mengatur jumlah asupan gula. Jenis makanan dan minuman yang paling banyak mengandung gula adalah soft drink dan sereal. Kamu yang berlebihan mengonsumsi gula memiliki risiko terkena penyakit obesitas dan diabetes jauh lebih tinggi. Kedua penyakit ini juga dapat memicu penyakit jantung.

Photo Credit : detoxyourbody


4. Menjalani kehidupan yang aktif

Kehidupan yang aktif artinya tubuhmu tidak duduk diam di depan komputer selama berjam-jam. Menurut Walter Willet, Presiden Departemen Nutrisi di Harvard School for Public Health, sesibuk apa pun kamu, paling tidak luangkanlah waktu minimal 30 menit untuk berolahraga dalam satu hari. Kamu juga bisa mencoba bike to work untuk berolahraga sekaligus sampai ke kantor.

Photo Credit : biokineticspt


5. Makan sayur dan kurangi junk food

Menurut Mario Nestle, untuk menjadi sehat tidaklah rumit, yaitu memakan sayuran, sedikit memakan junk food, dan biasakan untuk selalu berolahraga. Konsumsi junk food secara berlebihan dapat membuatmu rentan terkena berbagai macam penyakit.


photo credit: Men's Health


6. Kontrol porsi makanmu

Mengontrol porsi bukan berarti kamu mengurangi jumlah makanan yang kamu makan. Menurut Lisa R.Young, profesor nutrisi di Universitas New York, mengontrol porsi makan berarti mengurangi jumlah porsi gula dan makanan olahan saat makan. Selain itu juga, kamu harus memperbanyak porsi makanan bernutrisi seperti sayur dan buah. Tak perlu khawatir karena konsumsi sayur dan buah tak akan membuat berat badanmu naik secara drastis.


Photo Credit : thisworksbodywrap


7. Jalani pekerjaan yang kamu suka

Pekerjaan menentukan kebahagiaan seseorang. Menurut Hui Zheng, associate professor Sosiologi di Ohio State University, bekerja pada bidang atau posisi yang tidak kamu sukai, sangat mungkin membuatmu mengalami stres hingga depresi. Sementara, bila kamu bekerja pada bidang atau posisi yang kamu suka, kamu akan selalu memiliki motivasi yang bisa menuntunmu pada gaya hidup yang lebih sehat.

Photo Credit : biempowerment

BACA JUGA


Mau Perut Six-Pack? Lakukan 5 Gerakan Ini Secara Rutin!

Mau Perut Six-Pack? Lakukan 5 Gerakan Ini Secara Rutin!

Tak hanya menunjang penampilan, badan berotot dan perut six-pack sering identik dengan kesehatan dan stamina yang prima

Read more..

Sudah siap jalani hidup sehatmu? Kamu yang masih usia 20an, sekaranglah saatnya jalani gaya hidup sehat!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kamu yang Berusia 20an, Segera Terapkan 7 Saran Para Ahli Ini untuk Jalani Gaya Hidup Sehat!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rafii Yanuardi | @rafiiyanuardi

Silahkan login untuk memberi komentar

OR SUBSCRIBE