386
Jangan mau terlalu lama 'terjebak' di tempat yang tidak tepat.

Biasanya, orang yang bekerja dengan bayaran yang baik, akan cepat merasa senang dan puas. Ditambah, jika memiliki lingkungan serta rekan-rekan kerja yang dapat mendukung pekerjaan. Tetapi, apakah kamu yakin dengan benar bahwa pekerjaan yang sekarang kamu lakukan adalah benar-benar pekerjaan yang kamu harapkan untuk jangka waktu yang lama? Biasanya, orang akan berusaha meyakinkan diri, dan menolak masukan-masukan lain.

Namun, hati-hati, merasa puas dengan keadaan yang sekarang kamu miliki, meski yang kamu kerjakan bukanlah impianmu, akan bisa membuat seseorang cepat puas diri. Itulah yang berbahaya, sikap berpuas diri itu.

Misalnya, kamu bekerja dengan bayaran besar tetapi bukan pekerjaan yang kamu impikan, kamu akan selalu beralasan seperti, “Saya akan disini beberapa bulan lagi,” atau “Tidak ada waktu bagi saya untuk mencari pekerjaan lain.” Akhirnya, kalimat-kalimat akan membawa kita pada rasa takut. Takut akan kehilangan pekerjaan yang sekarang kita miliki. Alasannya sederhana, karena di pekerjaan tersebut kita sudah mendapat bayaran pasti dan itu adalah comfort zone kita. Dan kita akan ditahan oleh rasa takut itu untuk keluar dari comfort zone.

Jadi, ada baiknya untuk orang yang bekerja sebagai profesional untuk jangan pernah berpuas diri. Berpuas diri akan membuat seseorang sulit untuk berkembang. Tidak berpuas diri akan membuat seseorang lebih mudah menentukan arah karier kedepannya.

Berikut ini adalah 7 tanda bahwa kamu harus meninggalkan pekerjaan yang menjadi comfort zone dan mulai mengejar mimpi anda yang sebenarnya.


1. Kamu hidup dalam status quo


Kamu bekerja di perusahaan dan posisi yang sama dalam waktu lama tanpa mendapat promosi, itulah saat yang bagus bagi kamu untuk angkat kaki dari perusahaan tersebut.


2. Tidak mendapat umpan balik (feedback)

Jika kamu tidak mendapat umpan balik dari atasan, akan sulit bagi kamu untuk berkembang di perusahaan tersebut. Feedback atau umpan balik yang dimaksud adalah seperti ketika atasan membimbing dan memberi saran kepada anda secara terus menerus.


3. Kamu tidak mendapat ilmu baru

Jika kamu merasa tidak mendapat pelajaran apa pun dari pekerjaan yang sekarang kamu kerjakan, akan sulit buatmu untuk berkembang. Ambillah kursus atau hadiri seminar perusahaan. Namun, bila perusahaan tidak menyediakan, itu berarti perusahaan tidak serius dalam perkembangan karier karyawannya.


4. Banyak karyawan lain yang mengundurkan diri

photo credit: money.usnews

Jika anda melihat banyak karyawan yang mengupdate resume di website seperti LinkedIn, Jobstreet atau Monster, atau kolega kamu banyak meminta untuk keluar, ini menandakan banyak pekerjaan yang lebih baik daripada tempat kamu bekerja sekarang. Selanjutnya, itu adalah plihanmu untuk bertahan atau keluar.


5. Sering terjadi restrukturisasi

photo credit: Alliance Interiors

Jika kamu sering mengalami restrukturisasi atau reshuffle di perusahaan, kemungkinan ada permasalahan kepemimipinan di perusahaan.


6. Ada headhunter yang menginginkanmu


Sering kita mendapat telpon atau email dari perusahaan headhunter. Jangan abaikan panggilan ini, karena ada kemungkinan kita bisa mendapat karier yang lebih baik daripada yang kita dapatkan sekarang. Dan mungkin adalah waktu bagi ada untuk keluar.


7. Terasa seperti waktu yang tepat untuk pergi

photo credit: The Balance

Jika kamu merasa tidak puas dengan keadaan sekarang, mungkin ini adalah waktu bagi kamu untuk pergi. Waktu untuk pergi hanya bisa dirasakan oleh kamu sendiri.

BACA JUGA


Hari Pertama Kerja? Jangan Panik! Berikut Racikan Tipsnya untuk  Bisa Langsung Bersosialisasi

Hari Pertama Kerja? Jangan Panik! Berikut Racikan Tipsnya untuk Bisa Langsung Bersosialisasi

Hari pertama kerja merupakan kesempatan awal untuk memberikan first impression yang baik bagi atasan dan rekan-rekan kerja di kantor

Read more..

Bagaimana menurutmu? Tentu saja, tidak ada paksaan untukmu segera keluar. Namun, jika kamu merasakan hal-hal di atas, mungkin kamu harus memikirkan kembali untuk keluar dan menjalani karier yang kalian imipikan.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kerjaan Masih Saja Bikin Galau? Cepat atau Lambat, Inilah 7 Tanda Kamu Harus Kirim Surat Resign Ke Atasanmu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rafii Yanuardi | @rafiiyanuardi

Silahkan login untuk memberi komentar

OR SUBSCRIBE