1.7K
Lari pagi itu lebih efektif dalam mengurangi berat badan, 2 kali lebih efektif dibandingkan dengan berjalan kaki.

Jika kamu termasuk orang yang malas untuk lari di pagi hari, mulai sekarang kebiasaan itu harus kamu ubah. Ternyata, rutin lari pagi bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh kita. Lari adalah olahraga yang murah karena kita tidak harus mengeluarkan biaya sedikit pun untuk melakukan aktivitas ini. Bahkan, sudah banyak pemerintah daerah menyelenggakan acara car free day yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan aktivitas lari pagi ini. Nah, biar makin semangat bisa juga lho ajak teman, pasangan dan keluarga buat lari bersama-sama.

Berikut adalah 7 manfaat dari lari pagi yang akan membuat kamu, makin semangat dan nggak malas gerak lagi untuk olahraga.


1. Membakar lemak secara gratis

source: flickr.com

Kamu yang sedang dalam program diet, dapat mengimbanginya dengan rutinitas lari di pagi hari. Ternyata lari pagi itu lebih efektif dalam mengurangi berat badan, 2 kali lebih efektif dibandingkan dengan berjalan kaki. Selama tidur, tubuh manusia tidak mengonsumsi apapun, sehingga karbohidrat yang menjadi sumber energi tubuh pun akan menipis. Ketika hal tersebut terjadi, sebagai gantinya tubuh akan membakar jaringan lemak yang digunakan sebagai bahan bakar ketika berolahraga di pagi hari. Lemak di tubuh bisa kamu bakar secara gratis tanpa harus datang ke tempat fitness, murah dan bermanfaat kan?


2. Tubuh tidak mudah sakit

source: pexels

Dengan kamu melakukan lari pagi secara rutin, kekebalan tubuhmu pun akan meningkat. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia, jika kamu rutin lari dalam seminggu minimal satu jam, maka itu bisa mengurangi risiko terkena flu sebesar 18% dibandingkan mereka yang tidak berlari di pagi hari. Lari pagi juga dapat memperlancar peredaran darah, yang baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan risiko terkena diabetes. Selain itu, bonus tambahan lainnya, oksigen di pagi hari yang belum tercampur dengan polusi dapat membuat paru-paru kita menjadi lebih sehat pula.


3. Mengurangi stres


Olahraga mampu menurunkan hormon stres dan dapat meningkatkan senyawa endorfin. Endorfin ialah senyawa kimia yang dapat membuat seseorang merasa senang dan membuat tubuh merasa lebih baik. Salah satu cara terbaik untuk menghasilkan endorfin adalah dengan lari di pagi hari. Menurut penelitian yang dilakukan oleh para pekerja di Inggris, dengan rutin lari pagi itu bisa melancarkan pikiran, karena mampu meningkatkan daya konsentrasi dalam bekerja. Saat tubuh terkonsentrasi dengan baik, maka risiko kesalahan dalam bekerja pun akan berkurang.


4. Memiliki kualitas tidur yang baik

photo credit : Health.Liputan6

Jika kamu menderita insomnia, dengan melakukan rutin lari pagi dapat membuat tidurmu lebih nyenyak dan juga mempercepat waktu tidurmu dari sebelumnya. Sebaliknya, olahraga di malam hari dapat menganggu tidur karena otot-otot tubuh membutuhkan waktu untuk bersantai dan menjadi normal. Saat kita melakukan lari di pagi hari maka akan terkena paparan sinar matahari yang dapat memproduksi hormon melatonin, yang diproduksi untuk membuat kualitas tidur menjadi lebih baik.


5. Mengurangi risiko kanker

source: pexels

Sinar matahari pagi menghasilkan sintesis vitamin D yang dapat menurunkan risiko kanker seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker usus, dan kanker ovarium. Tetapi jangan terlalu lama terpapar sinar matahari, karena itu bisa meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Sebuah penelitian yang dilakukan British Journal of Cancer, risiko kanker akan berkurang hingga sebesar 24% dengan rutin lari pagi selama 5-6 jam dalam seminggu.


6. Semangatmu akan aktif sepanjang hari

source: pexels

Ketika pagi hari, oksigen segar yang dihirup akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan siap untuk melakukan aktivitas. Selain itu, tubuh yang terkena sinar matahari akan memproduksi hormon serotonin. Dengan jumlah kadar serotonin yang cukup tinggi pada tubuh, akan membuat pikiran menjadi lebih positif dan fokus dalam menghadapi aktivitas seharian.


7. Memperkuat tulang kaki

source: pexels

Saat sedang berlari, gerakan pada kaki membuat sel-sel tulang lebih cepat bermetabolisme. Penelitian yang dilakukan di Universitas Camilo Jose Cela, Madrid menyebutkan bahwa lari membawa perubahan sifat mekanik di dalam tulang yang membuatnya menjadi lebih padat. Hal tersebut terlihat dari hasil tes kepadatan tulang partisipan yang rutin melakukan lari dengan mereka yang tidak pernah atau jarang berlari.

[readmore]http://bagaya.id/post/resolusi-badan-ideal-2017-konsumsi-buah-buahan-ini-ternyata-bisa-membentuk[readmore]

Setelah mengetahui manfaat-manfaat dari lari pagi di atas, apakah kamu masih malas untuk melakukannya? Yuk, mulai sekarang bisa kita coba untuk rutin melakukan lari pagi agar semua manfaat itu bisa langsung kita dapatkan. Kalau kamu punya pengalaman menarik ketika sedang lari pagi, yuk share ceritamu di kolom komentar!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Malas Lari Pagi? 7 Manfaat Lari Pagi Ini Akan Langsung Memotivasimu untuk Melakukannya Esok Hari!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Aditama Aditama | @aditama

Silahkan login untuk memberi komentar

OR SUBSCRIBE