1.4K
Rekan kerja yang kooperatif juga merupakan salah satu elemen penting yang harus kamu ciptakan. Bagaimana cara membuat mereka kooperatif dan terbuka denganmu?

Hal-hal kecil terkadang menjadi sebuah masalah yang besar apabila tidak kamu perhatikan. Kebiasaan-kebiasaan kecil yang seharusnya tidak kamu bawa ke dalam lingkungan pekerjaan dapat menggangu kenyamanan kamu dalam bekerja. Kenyamanan dan atmosfer yang mendukung dalam bekerja akan meningkatkan kinerjamu. Rekan kerja yang kooperatif juga merupakan salah satu elemen penting yang harus kamu ciptakan. Bagaimana cara membuat mereka kooperatif dan terbuka denganmu? Tentu saja dengan tidak melakukan beberapa kebiasaan yang akan merusak reputasimu di hadapan mereka.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus kamu hindari agar kamu bisa diterima baik oleh rekan kerjamu.


1. Tidak mau mengakui kesalahan

photo credit: http://www.businesspundit.com

Tidak dipungkiri bahwa dalam dunia kerja sangat rawan terjadinya konflik. Hal-hal kecil pun dapat memicu terjadinya konflik. Selesaikan masalahmu secara dewasa dan segera. Apabila kamu merasa bersalah atau melakukan kesalahan segeralah meminta maaf kepada orang tersebut. Seorang lelaki terhormat tidak akan malu untuk mengakui kesalahanya.


2. Menganggap remeh kebohongan

photo credit: http://www.afr.com

Berbohong dengan alasan apa pun tidak bisa dibenarkan. Kebohongan yang kamu buat akan menyebar dan meluas serta akan semakin memperparah keadaan. Efek yang ditimbulkan dari berbohong sangatlah besar, seperti rusaknya reputasimu sampai hilangnya kewibawaanmu yang telah kamu bangun sekian lama.


3. Jangan mengeluh tentang pekerjanmu di kantor

photo credit: https://s3.envato.com


Mengatakan hal buruk dan terus mengeluhkan pekerjaanmu sekarang merupakan sikap yang harus kamu hindari apalagi di depan rekan-rekan kerjamu. Kamu akan tampak tidak profesional dan kurang bersyukur, bukan tak mungkin atasanmu akan mengetahui kebiasaan buruk ini. Alih-alih mendapat promosi, bisa-bisa kamu malah diberhentikan dari kantor.



4. Hindari makanan beraroma pekat sebelum berangkat kerja

photo credit: Inc

Lingkungan kantor merupakan lingkungan yang seharusnya nyaman dan kondusif untuk bekerja. Sangat tidak nyaman rasanya apabila kamu datang bekerja dengan membawa bau yang tidak sedap. Bau ini bisa muncul darimana saja, seperti makanan yang baru kamu makan atau bahkan bau badanmu. Pastikan sebelum berangkat kamu telah bebas dari bau-bau yang menggangu ini. Sangat disarankan untuk menyemprotkan parfum sebelum berangkat. Tampilah di depan rekan kerjamu dengan rapi dan wangi.


5. Hobi membicarakan keburukan orang lain

photo credit: LinkedIn

Sudah seharusnya kantor digunakan untuk bekerja bukan tempat untuk mebicarakan orang atau bergosip. Sangat tidak pantas membicarakan orang apa lagi rekan kerjamu di kantor. Orang-orang yang kamu gosipkan cepat atau lambat akan mengetahui bahwa kamu membicarakan mereka di belakang. Sayang sekali apabila waktu berhargamu di kantor untuk bekerja harus dihabiskan dengan bergosip.

BACA JUGA


Hari Pertama Kerja? Jangan Panik! Berikut Racikan Tipsnya untuk  Bisa Langsung Bersosialisasi

Hari Pertama Kerja? Jangan Panik! Berikut Racikan Tipsnya untuk Bisa Langsung Bersosialisasi

Hari pertama kerja merupakan kesempatan awal untuk memberikan first impression yang baik bagi atasan dan rekan-rekan kerja di kantor

Read more..

Hindarilah lima hal di atas jika kamu ingin menjadi pribadi yang disukai oleh rekan kerjamu. Apabila ada lima hal tersebut sudah kamu lakukan, maka hilangkanlah pelan-pelan sifat tersebut. Tidak ada kata terlambat untuk berubah menjadi lebih baik.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mau Disukai Rekan Kerja? Hindari 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Hancurkan Reputasimu di Kantor Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


achmad cori | @achmadcori

Silahkan login untuk memberi komentar

OR SUBSCRIBE