1.4K
Faktanya, pengalaman yang kamu dapatkan saat di bangku kuliah sedikit banyak berpengaruh pada kariermu.

Mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah tentu saja merupakan impian setiap mahasiswa, tidak terkecuali kamu yang masih duduk di bangku kuliah. Akan tetapi, kadang ala impian tersebut tidak sama dengan realita yang kamu dapat. Beberapa hal mengahalangimu mendapatkan pekerjaan impianmu, seperti minimnya pengalaman yang kamu miliki dan lain sebagainya. Faktanya, pengalaman yang kamu dapatkan saat di bangku kuliah sedikit banyak berpengaruh pada kariermu.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu menerapakan hal-hal berikut ini agar bisa langsung mendapatkan kerja yang kamu impikan setelah lulus kuliah.


1. Membangun dan menambah relasi

photo credit: marieclaire

Relasi yang banyak dan luas akan memudahkanmu mengembangkan sayap di dunia profesional. Kesempatan bisa datang dari siapa saja termasuk teman-teman yang berada di sekeklilingmu. Rajinlah untuk bertanya dan berbagi pengalaman dengan mereka. Berbagai pengalaman dengan orang-orang yang telah lebih dulu mengeluti dunia tersebut sedikit banyak akan memberikanmu gambaran tentang dunia kerja tersebut. Semakin banyak koneksi yang kamu punya, maka akan semakin mudah pula kamu mendapatkan bantuan ketika sedang mencari pekerjaan.



2. Tanyakan apa manfaat dan pengaplikasian pelajaran yang kamu dapatkan

photo credit: mg.okezone

Biasakan untuk bertanya kedua hal di atas ketika kamu sedang mengikuti sebuah mata kuliah. Setidaknya, kamu akan memiliki gambaran mengenai apa yang bisa kamu lakukan ke depannya dengan pelajaran tersebut. Semangat dan keinginanmu pun akan ikut terpacu dan ingin menggali lebih dalam lagi mengenai mata kuliah tersebut. Pemahamanmu akan menjadi lebih luas dan bisa untuk menyelesaikan serta mencari terobosan baru dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat kelak.


3. Buatlah sebuah karya untuk menjadi bagian dari portofolio

photo credit: weareaspire

Portofolio merupakan salah satu elemen penting dalam mencari sebuah pekerjaan. Fungsi dari portofolio sendiri sebagai penguat kemampuan seseorang dalam bidang tertentu. Portofolio bisa dalam berbagai bidang yang kamu kuasai dengan baik, seperti membuat presentasi, tulisan, public speaking, dan lain sebagainya. Semua jenis portofolio akan menjadi pertimbangan di dalam dunia kerja dan poin plus apabila portofolio tersebut sesuai dengan posisi yang sedang kamu lamar di perusahaan tersebut.


4. Kembangkan hobi dengan serius, tak perlu terlalu terpaku dengan jurusan

photo credit: brighterlifeindonesia.files

Selagi masih dalam dunia perkuliahan, kembangkanlah hobi dan minatmu. Jangan sepelekan hobi, karena rejeki bisa datang dari mana saja. Tekuni dan kembangkan dengan serius agar kelak bisa menjadi sumber penghasilan. Pekerjaan paling mengasyikan adalah hobi yang dibayar. Hal yang perlu kamu ingat lainnya adalah tak perlu terlalu terpaku dengan jurusan yang kamu ambil, sementara ada kesempatan bekerja di bidang lain yang sangat bisa menambah pengalamanmu. Bertambahnya pengalamanmu, akan bertambah pula kesempatan bagi kamu untuk memperoleh sebuah pekerjaan dengan mudah.


5. Aktiflah dalam organisasi

photo credit: dunhamandcompany

Organisasi akan mengasah ketrampilan ekstra personal, keterampilan manejerial, baik waktu maupun personal, dan kemampuan berkomunikasi. Bonus lain yang kamu dapatkan dari mengikuti organisasi adalah menambah teman dan koneksi. Secara tidak langsung dalam diri kamu akan terbangun sebuah semangat berkegiatan yang positif yang akan terbawa setelah selesai menempuh dunia pendidikan.

BACA JUGA


Calon Karyawan, Inilah 7 Trik Interview untuk Dapatkan Pekerjaan Impianmu

Calon Karyawan, Inilah 7 Trik Interview untuk Dapatkan Pekerjaan Impianmu

Apakah kamu pernah tidak menjawab pertanyaan dalam sebuah interview? Atau kamu tidak yakin dengan jawaban yang kalian utarakan

Read more..

Beberapa hal di atas bisa kamu coba lakukan dan terapkan. Selain hal tersebut, masih banyak lagi hal yang bisa kamu coba untuk menambah potensi serta mengembangkan kemampuanmu.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mau Langsung Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah? Ini Dia 5 Tips Jitu yang Harus Kamu Lakukan Selama Jadi Mahasiswa". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


achmad cori | @achmadcori

Silahkan login untuk memberi komentar

OR SUBSCRIBE