3.1K
Kamu yang berencana travelling saat Ramadan, tak perlu khawatir puasa akan menyulitkan perjalananmu.

Berpuasa di bulan Ramadan, mungkin beberapa hal perlu penyesuaian. Mulai dari bangun sahur, hingga salat Tarawih selepas Isya. Tapi aktivitas di bulan Ramadan tidak jadi terbatas dong. Puasa bukan hambatan untuk hal-hal yang ingin kamu lakukan. Kamu yang berencana travelling saat Ramadan, tak perlu khawatir puasa akan menyulitkan perjalananmu. Nah, sebelum pergi, pastikan 7 hal ini telah kamu persiapkan yah!


1. Menu sahur dan berbuka yang bergizi

photo credit: Beritadaerah

Bagi yang menjalani ibadah puasa, sahur, dan berbuka adalah kesempatan kamu menikmati makanan. Walau sedang dalam perjalanan, jangan asal memilih makanan sahur dan berbuka yah. Anggaplah sahur dan berbuka adalah waktu kamu mengisi amunisi fisikmu, jadi pilih yang bergizi dan tidak berpotensi merusak puasamu. Jangan juga sampai melewatkan waktu sahur yah.


2. Ketahui jadwal shalat di destinasi travellingmu

photo credit: DNA India

Jika kamu travelling ke kota atau bahkan negara lain, kamu mungkin akan mengalami perbedaan waktu yang signifikan. Pastikan kamu telah mengetahui jadwal shalat setempat. Jangan sampai kamu jadi ketinggalan waktu sahur, atau tak tahu kapan waktumu berbuka. Buatlah rencana perjalananmu setelah menyesuaikan dengan jadwal tersebut, agar lebih nyaman yah.


3. Jika bukan untuk mudik, hindari travelling mendekati hari lebaran

photo credit: Nasional - Viva

Kamu mungkin tahu atau bahkan pernah mengalaminya sendiri, jelang lebaran, kemacetan hampir terjadi di seluruh kota-kota besar di Indonesia. Kamu tentu tak mau terjebak di antara mereka yang sedang mudik kan. Pastikan tanggal berpergianmu, cukup 'aman' dan bebas hambatan. Baiknya, kamu memilih waktu pertengahan puasa, ketika penggunaan transportasi umum pun belum terlalu ramai. Kamu bahkan bisa mendapatkan harga promo loh.


4. Jika sedang tidak berpuasa, jangan lupa bawa camilan dan air mineral

photo credit: The National

Bagi kamu yang sedang tak berpuasa, jika destinasi travellingmu mayoritas beragama muslim, jangan lupa bawa bekal makanan sendiri. Bisa jadi lokasi yang akan kamu kunjungi sedang sepi atau bahkan tak mengijinkan restoran buka di tengah hari. Selain makanan, air mineral adalah yang paling wajib kamu bawa. Tetap penuhi kebutuhan cairan tubuhmu, agar tubuhmu tetap prima dan segar mengeksplorasi destinasi liburanmu.


5. Bawa perlengkapan ibadah sendiri

photo creditL TourRada

Asyik jalan-jalan bukan berarti melupakan ibadah kan. Justru dengan menikmati berbagai tempat dengan keindahan alam, kamu jadi makin bersyukur dan mengingat Tuhan atas kesempatan yang kamu miliki. Nah, biar ibadahmu di bulan puasa tak terganggu, bawa perlengkapan ibadah sendiri yah. Khususnya bagi perempuan, mukena wajib ada di dalam tasmu.


6. Pilih waktu berjelajah di sore hari

photo credit: The National

Pada siang hari, cuaca yang terik dapat membuatmu lebih cepat merasa lelah, belum lagi kamu jadi akan mudah merasa haus. Duh, jangan sampai, puasa terancam batal karena kelelahan di jalan. Oleh karena itu, baiknya jika ingin menjelajahi destinasi liburanmu, waktu sore hari bisa jadi waktu yang terbaik. Selain cuaca yang lebih bersahabat, waktunya juga berdekatan dengan waktu berbuka, sehingga saat sudah merasa sangat lelah, kamu tak perlu menunggu waktu lama untuk bisa membatalkannya.


7. Tingkatkan keamanan dengan asuransi perjalanan

photo credit: Renaissance Insurance Brokers

BACA JUGA


Kamu yang Berusia 20an, Segera Terapkan 7 Saran Para Ahli Ini untuk Jalani Gaya Hidup Sehat!

Kamu yang Berusia 20an, Segera Terapkan 7 Saran Para Ahli Ini untuk Jalani Gaya Hidup Sehat!

Sayangnya, mereka yang menginjak usia 20-30an memiliki aktivitas yang begitu banyak sehingga merasa kesulitan menjalani hidup sehat

Read more..

Jika kamu menggunakan transportasi umum seperti pesawat, kereta, atau kapal, pastikan tidak mengabaikan 1 hal penting ini: pastikan biro perjalananmu telah memberikan asuransi perjalanan. Kita tentu tak mengharapkan terjadi hal-hal buruk saat travelling, tapi kita tetap harus waspada dan berjaga-jaga, agar tak menimbulkan kerugian yang lebih besar. Dengan asuransi perjalanan, saat hal buruk terjadi, biaya perawatan medis, kompensasi keterlambatan atau pembatalan perjalanan, kerugian akibat bencana alam, kerusakan bagasi, hingga sumbangan kematian pun akan ditanggung. Jangan anggap remeh pentingnya asuransi perjalanan, karena kamu tak tahu apa yang akan terjadi kan? Meski begitu, tetap berhati-hati dan jaga keamanan saat travelling yah!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mau Travelling saat Ramadan? Jangan Abaikan 7 Hal Penting Ini Jika Ingin Liburanmu Tetap Nyaman dan Aman". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ulfa Sekar Langit | @ulfasekar

Psychology student at Universitas Indonesia. https://starinthebox.blogspot.com

Silahkan login untuk memberi komentar

OR SUBSCRIBE