2.2K
Sesuai namanya No Copyright, berarti musik-musik dari label ini bebas digunakan semua orang, termasuk jika seseorang ingin membuat video di Youtube dengan menggunakan lagu-lagu dari label ini.

Kalau kamu juga sering membuka YouTube, kamu pasti sering melihat video musik atau video lain tetapi menggunakan musik sebagai latar belakang. Namun, terkadang kamu tidak sadar bahwa bisa saja video tersebut melanggar hukum dengan menggunakan musik sebuah kelompok atau orang lain tanpa izin. Ya, inilah yang menjadi masalah, karena biasanya sebuah musik milik sebuah grup, band atau individu tertentu, terikat oleh hak cipta atau copyright. Hal ini yang membuat banyak orang dituntut untuk membayar royalti pada grup band atau individu yang menciptakan musik.

Namun, ada sebuah ide menarik dari Billy Woodford. Pria asal Inggris ini menciptakan sebuah label musik yang bernama NoCopyrightSounds atau disingkat menjadi NCS. Ya, sesuai namanya No Copyright, berarti musik-musik dari label ini bebas digunakan semua orang, termasuk jika seseorang ingin membuat video di YouTube dengan menggunakan lagu-lagu dari label ini.

Berikut ini adalah para musisi atau DJ yang pernah bekerja sama dengan label NoCopyrightSounds yang lagu-lagunya bisa kamu gunakan secara gratis.


1. Alan Walker

Musisi asal Inggris, Alan Walker adalah salah satu orang yang musiknya dikenal melalui NoCopyrightSounds. Pada 2016, sebuah majalah Inggris bernama DJ Magazine atau DJ Mag, memasukkan Alan Walker sebagai salah satu DJ terbaik.

Sebagai orang yang tidak memiliki latar belakang musik, Alan Walker mengejutkan dunia dengan karya-karya musiknya. Latar belakang desain grafis dan programmer tidak membuatnya malu untuk membuat musik.

Pada awalnya, Alan Walker memposting lagunya melalui YouTube dan Soundcloud. Kemudian, NoCopyrightSounds mengunggah lagu Alan Walker melalui Channel NoCopyrightSounds. Langkah yang diambil NoCopyrightSounds, membuat lagu karya Alan Walker semakin dikenal dan didengar banyak orang.

Alan Walker - Fade [NCS Release]

Source : youtube

Alan Walker - Spectre [NCS Release]

Source : youtube

Alan Walker - Force [NCS Release]

Source : youtube


2. Tobu

Sejak kecil, pria yang aslinya bernama Toms Burkovskis ini sudah memiliki minat besar terhadap dunia musik. Dia juga mulai menciptakan musik sejak berusia 11 tahun. Dia menciptakan musik dengan program FL Studio.

Sebagai seorang musisi, Toms mengatakan bahwa lagu yang diciptakannya terinspirasi dari lagu beberapa musisi yang juga sesama DJ, seperti Avicii dengan lagu “Levels.”

Tobu - Roots [NCS Release]

Source : youtube

Tobu - Seven [NCS Release]

Source : youtube

Tobu & Itro - Sunburst [NCS Release]

Source : youtube


3. Itro

Pria yang bernama asli Kelvin Rowaan juga adalah salah satu DJ yang lagunya harus kamu dengar. Selain menciptakan lagu solo, pria asal Belanda ini juga telah menciptakan beberapa lagu kolaborasi dengan beberapa DJ lainnya, termasuk dengan Tobu.

Itro & Tobu - Cloud 9 [NCS Release]

Source : youtube

Itro - Panda [NCS Release]

Source : youtube

Itro & Kontinuum - Alive [NCS Release]

Source : youtube

BACA JUGA


Deretan Gadget Canggih yang Bisa Cetak Foto Langsung dari Smartphone Kamu

Deretan Gadget Canggih yang Bisa Cetak Foto Langsung dari Smartphone Kamu

Kalau kamu memang suka berfoto dengan smartphone dan ingin mencetaknya secara langsung, beberapa gadget ini mungkin adalah yang kamu ...

Read more..

Bagaimana dengan para DJ di atas? Apakah kamu tertarik mendengarkan musik-musik mereka? Atau kamu mau membuat musik seperti mereka?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Rekomendasi Musik Bebas Royalti dari Para DJ yang Bisa Kamu Gunakan Secara Gratis!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rafii Yanuardi | @rafiiyanuardi

Silahkan login untuk memberi komentar

OR SUBSCRIBE