1K
Selain dengan berolahraga dengan teratur, pola makan yang sehat juga dapat membentuk otot tubuh.

Memiliki tubuh ideal dengan otot yang terbentuk sempurna merupakan dambaan bagi setiap pria. Selain dengan berolahraga dengan teratur, pola makan yang sehat juga dapat membentuk otot tubuh. Salah satu makanan yang harus dikonsumsi supaya otot tubuh semakin terbentuk adalah buah-buahan. Berikut merupakan 5 buah-buahan yang tepat dikonsumsi untuk turut membantu pertumbuhan otot. Yuk, simak ulasannya.


1. Pisang

Pisang merupakan buah yang memiliki banyak manfaat. Setiap 100 gram pisang, terkandung 88 kalori, 23 gram karbohidrat, 1,1 gram protein, dan mineral lainnya. Ketika tubuh mengkonsumsi pisang, tubuh akan mendapatkan pottasium yang bertanggung jawab terhadap kestabilan kerja antara sel-sel saraf dengan pusat saraf (hypothalamus) yang mencegah terjadinya kram saat sedang berlatih. Orang dewasa membutuhkan pottasium sebanyak 4.700 milligram dalam sehari. Selain itu, pisang mengandung enzim Bromelain yang meningkatkan testosteron yang membantu pertumbuhan otot dan membentuk otot tubuh dengan baik.


2. Kiwi


Dalam 100 gram kiwi, terkandung 60 kalori, 15 gram karbohidrat, 1,1 gram protein, dan mineral lainnya. Buah ini mengandung anti oksidan yang tinggi yang dapat berfungsi untuk memaksimalkan fungsi metabolisme pada tubuh dan dapat digunakan untuk membakar lemak. Buah Kiwi juga memiliki vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan buah jeruk. Vitamin C diperlukan untuk melakukan pembakaran lemak selama latihan, sehingga apabila kekurangan vitamin C dapat menghambat proses tersebut.


3. Blueberry

Selain kiwi, buah blueberry juga mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat melindungi otot. Pada 100 gram blueberry terkandung 57 kalori, 14 gram karbohidrat, 0,7 gram protein. Buah yang masuk kedalam genus Vaccinium ini memiliki kandungan gula yang sedikit sehingga buah ini sangat baik dikonsumsi untuk membantu pembentukan tubuh dan otot.


4. Apel


Pada 100 gram apel mengandung 52 kalori, 14 gram karbohidrat, 0,3 gram protein. Kulit apel mengandung asam ursolic yang berfungsi untuk meningkatkan pembakaran lemak dan juga meningkatkan kinerja otot. Dengan indeks glikemik yang rendah dibanding banyak buah-buahan lainnya, apel sangat ideal untuk dikonsumsi sebelum melakukan latihan atau berolahraga.


5. Alpukat


Buah yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah ini, dalam 100 gramnya terkandung 160 kalori, 9 gram karbohidrat, 2 gram protein. Alpukat mengandung alfatokoferol, yaitu bentuk vitamin E yang paling mudah diserap oleh tubuh. Alpukat merupakan buah yang membantu mencegah otot-otot tubuh rusak akibat reaksi radikal bebas yang muncul setelah berlatih. Berdasarkan jurnal of American medical association, pria yang mengkonsumsi vitamin E yang bersumber dari makanan, bukan suplemen, 67 % lebih rendah kemungkinannya terkena Alzheimer dari pada pria yang menyantap lebih sedikit vitamin E.

Baca juga: Belajar Bugar Cepat Dari Obama

Selain memakan buah-buahan tersebut, untuk mendapatkan tubuh berotot yang sempurna juga harus dengan rajin berolahraga tentunya. Olahraga cukup dilakukan minimal seminggu dua kali agar tubuh tetap fit dan menjaga kekuatan otot agar tetap terjaga. So, ayo mulai konsumsi buah-buahan di atas dari sekarang supaya otot tubuhmu semakin terbentuk!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Resolusi Badan Ideal 2017? Konsumsi Buah-Buahan Ini Ternyata Bisa Membentuk Otot Tubuh Kamu Loh!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Aditama Aditama | @aditama

Silahkan login untuk memberi komentar

OR SUBSCRIBE