649
Jangan hanya bayangkan hasilnya, prosesnya juga perlu kamu tahu.

Mentato supaya lebih keren mungkin merupakan keinginan kamu. Tato apa? Mungkin naga, macan, atau bahkan jangkar, setelah ditato rasanya lebih cool dan macho. Namun, jangan hanya bayangkan hasilnya, prosesnya juga perlu kamu tahu. Inilah 7 fakta tato yang kamu harus tahu sebelum mentato.


Pastikan tempat tato yang legal dan berlisensi

photo credit: Connecticut Post

Masih ingat dengan isu penyebaran HIV melalui jarum tato? Memang benar bisa terjadi, walaupun kemungkinannya kecil. Tapi lebih baik aman daripada ingin lebih murah. Carilah tempat tato yang kamu inginkan itu berlisensi dan legal, walaupun mungkin lebih mahal. Ada pepatah dalam dunia tato bahwa tato yang baik tidak murah harganya dan tato yang murah tidak baik kualitasnya. Dan memang benar, karena membuat tato bukanlah hal yang mudah dan harga dari service tato biasanya menunjukan kemampuan sang seniman tato.


Sakitnya ditato

photo credit: Career Trend

Saat ditato, kamu ajab ditusuk dengan jarum sebanyak 50 sampai 3000 kali dalam semenit selama beberapa jam. Kamu juga tidak bisa dibius atau mabuk agar darah tidak mudah menetes. Jadi kalau takut jarum, pikir-pikir lagi deh.


Tato temporer bisa berbahaya

photo credit: Trip 101

Mungkin kamu ingin mencoba tato temporer karena takut dengan jarum, tapi lebih baik tidak usah sama sekali. FDA (Food and Drug Association) telah memperingatkan bahwa tinta hitam yang digunakan untuk membuat tato temporer mengandung para-phenylenediamine atau PDD dan sangat berbahaya untuk kulit. PDD bisa menyebabkan iritasi kulit untuk kasus ringan, namun bisa sampai meninggalkan bekas luka untuk kasus berat.


Tato juga menua sesuai umur

photo credit: Tattoo Removal

Kamu tahu tidak bahwa tato menua seperti manusia karena kulit kita menua dan diganti dengan yang baru, sehingga perubahan kulit itu berdampak pada penampilan tatomu. Namun, bukan otomatis tatomu jadi jelek, karena hanya beberapa tato yang benar-benar berdampak, contohnya tato tulisan akan jadi kabur dan sulit dibaca atau tato besar akan pudar dan jadi kurang bagus.


Tato sebagai simbol identitas

photo credit: Next Luxury

Tato bisa dikatakan sebuah identitas baru dan pesan yang digambarkan di tubuhmu karena itulah memilih tato yang sesuai dengan identitasmu sangatlah penting. Memang menghilangkan tato bisa dilakukan, namun makan waktu dan biaya yang tidak sedikit, karena itulah hindari simbol-simbol agama atau nama seseorang yang bukan dari keluargamu. Memang sangat romantis mentato nama kekasih di tubuh, tapi bagaimana jadinya jika hubunganmuberakhir?


Posisi yang tepat untuk ditato

photo credit: Pinterest

Rasa sakit yang luar biasa bisa dirasakan jika kamu ditato di bagian kulit yang tipis, berbeda dengan bagian yang lebih berlemak atau berotot. Selain itu, karena budaya Indonesia yang masih kurang menerima tato, kamu harus siap menerima risikonya jika tatomu terlihat dengan jelas dan mencolok.


Alergi kulit bisa terjadi kapan saja

photo credit: ZME Science

Alergi kulit bisa terjadi kapan saja setelah kamu ditato. Sebaiknya, cek dulu apakah kamu alergi dengan bahan-bahan tato, karena untuk menghilangkannya lebih menyakitkan dari pembuatannya, dan tidak jarang dengan efek samping. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui kondisi kulitmu memungkinkan untuk ditato atau tidak.

BACA JUGA


Inspirasi Street Style Terbaik dari Menswear Fashion Week Spring/Summer 2018 yang Pasti Bikin Kamu Keren!

Inspirasi Street Style Terbaik dari Menswear Fashion Week Spring/Summer 2018 yang Pasti Bikin Kamu Keren!

Street style adalah sebuah bentuk pengekspresian diri yang identik dengan kehidupan masyarakat urban. Unsur pakaian yang digunakan terkesan ...

Read more..

Itulah 7 fakta tato yang harus kamu ketahui sebelum menato tubuhmu. Gaya boleh, tapi perhatikan juga kesehatan dan konsekuensinya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sebelum Menato Tubuhmu, Ketahui Dulu 7 Fakta Pentingnya Berikut Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Anata Phindhika | @anataphindhika

Silahkan login untuk memberi komentar

OR SUBSCRIBE