1.2K
Faktor keuangan sering kali dijadikan alasan sebuah pasangan untuk berpisah, maka penting untuk mempersiapkannya dengan matang.

Pernikahan merupakan sebuah hal yang besar dan tidak boleh sembarangan dalam mempersiapkanya. Sebaiknya sebelum melakukan pernikahan carilah informasi sebanyak-banyaknya soal pasanganmu. Apakah dia sejalan sepemikiran atau malah sebaliknya. Selain hal-hal tersebut, yang tidak kalah penting adalah mempersiapkan finansial sejak persiapan pernikahan sampai menjalin rumah tangga. Seperti yang kita ketahui bahwa faktor keuangan sering kali dijadikan alasan sebuah pasangan untuk berpisah. Beberapa hal ini bisa kamu jadikan pertimbangan terutama dalam hal finansial sebelum kamu menuju ke jenjang yang lebih serius.



1. Pastikan kondisi finansial pasangan

http://cdn2.tstatic.net

Salah satu modal penting yang harus kamu pikirkan adalah kondisi finansial pasanganmu dan kamu tentunya. Pastikan bahwa pasangan bisa menyesuaikan kondisi finansialmu. Menyesuaikan artinya bisa mengatur keuangan sesuai dengan kemampuanmu. JIka dia belum bisa mengatur keuangan, kemungkinan besar dia adalah tipe yang belum mandiri dan masih bergantung dengan orang lain. Kamu pun bisa meleihat kemandirian seseorang dan kedewasaan seseorang dari bagaimana dia mengatur keuanganya.


2. Dana pesta penikahan

photo credit: Love and Lavender

Setelah memastikan finansial pasangan kamu. Selanjutnya adalah memikirkan bagaiaman pesta pernikahan kamu akan digerlar. Apakah secara mewah atau sederhana. Dibiayai dengan tabungan kamu atau diabagi dua dengan pasangan. Karena hal-hal semacam ini merupakan hal yang harus didiskusikan dengan baik. Sebaiknya gunakan uang tabungan kamu dengan bijaksana, jangan dihabiskan untuk sebauh pesta pernikahan. Konsepalah sebuah pesta pernikahan yang sesuai dengan budget kamu. Jangan sampai kamu terjebak dengan utang karena sebuah pesta pernikahan.


3. Keterbukaan setelah menikah

http://breaktime.co.id

Pernikahan bukan lagi main-main seperti dahulu ketika kamu dan dia masih berpacaran. Keterbukaan satu sama lain merupakan hal yang penting, karena ini merupakan salah satu dari kunci hubungan yang langgeng. Cobalah terbuka bagaimana sebaiknya kalian mengelola keuangan. Jangan sampai urusan kelola uang menjadi bumerang di kemudian hari. Dari awal pernikahan kalian, mulailah membagi tanggung jawab untuk mengurus keluarga kalian sebagai sebuah tim yang saling mendukung satu sama lain.


4. Alokasikan dana untuk masa depan

Menggalokasikan dana untuk masa depan dan hal yang tidak terduga merupakan hal wajib yang harus kamu lakukan setelah menikah atau bahkan sebelum kamu menikah. Disarankan untuk mengalokasikan dana konsumsi sebesar 50% dari penghasilan dan sisanya untuk tabungan, investasi dan proteksi kelak. Apabila di awal dengan formasi tersebut dirasa sulit, maka naikan sebesar 70% untuk kosumsi sehari-hari dan sisanya untuk tabungan. Membagi penghasilan sangat penting agar tak lupa diri dan cenderung menghabiskan uang secara konsumtif.


5. Planning ke depan: masa depan anak

Kelak di masa depan, mau tidak mau kamu akan memiliki seorang anak. Hal ini merupakan impian semua orang yang telah menikah. Sayangnya, apabila tidak dipikirkan dan direncanakan dengan matang, memiliki anak dapat menjadi sebuah beban yang berat. Memiliki anak tidak hanya sebatas biaya kontrol kehamilan dan melahirkan saja, akan tetapi banyak hal-hal kecil dan investasi jangka panjang yang harus kamu pikirkan ke depannya. Maka dari itu, sebelum kamu memutuskan untuk memiliki anak tidak ada salahnya untuk menabung terlebih dahulu.

BACA JUGA


Keep It Secret, Bro! Beberapa Jenis Rahasia Ini Haram Hukumnya Kamu Bocorkan ke Doi!

Keep It Secret, Bro! Beberapa Jenis Rahasia Ini Haram Hukumnya Kamu Bocorkan ke Doi!

Salah satu cara untuk menghindari konflik yang tidak kamu inginkan, tetap jadikan rahasia ini menjadi rahasia dirimu sendiri

Read more..
Beberapa hal tersebut bisa kamu jadikan pertimbangan agar saat setelah menikah kamu tidak bingung dengan kebutuhan finansial. Selamat berhitung dan Good luck!

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sebelum Menikah, Daftar Keuangan Ini yang Harus Kamu Persiapkan dengan Matang!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


achmad cori | @achmadcori

Silahkan login untuk memberi komentar

OR SUBSCRIBE