770
Langsung simak saja bro beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengendalikan emosimu bro.

Pernahkah kamu lepas kendali dan berakhir dengan sebuah kemarahan yang meluap-luap? Penyebab dari emosi sendiri banyak seperti salah satu contohnya adalah tugas kantor yang semakin menumpuk atau teman kerja yang menganggu atau karena kamu telat datang ke kantor karena macet. Beberapa hal tersebut memang sering kali diungkapkan dengan rasa emosi padahal sebenarnya hal tersebut bisa kamu ekspresikan tanpa harus mengeluarkan emosi yang kamu punya bro. Pengendalian dan kontrol emosi setiap orang juga berbeda satu sama lain, tergantung bagaimana pengalaman dan didikan dari orang tua kita dulunya. Apabila kamu kesulitan mengatasi emosimu? Langsung simak saja bro beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengendalikan emosimu bro.


1. Flashback sebentar lalu tulis penyebab emosimu

photo credit: pexels

Pengendalian emosi sekali lagi kembali kepada individu tersebut masing-masing apabila kamu salah satu tipe yang gampang terbawah amarah dan emosi karena suatu hal maka kamu harus meluangkan waktumu sebentar untuk flashback apa yang membuatmu marah. Setelah menemukan masalahnya, kamu bisa mencari solusi dan jalan keluar dengan menulis penyebab emosimu dan perlahan-lahan menyelesaikanya dengan kepala dingin.


2. Tenangkan diri dengan kendalikan nafasmu

Sadar atau tidak ketika seseorang sedang marah atau emosi semua hal yang diputuskan menjadi pikiran sesaat dan berakibat fatal. Oleh karena itu, ketika kamu marah atau emosi cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam dan memejamkan mata. Hal ini akan sedikit mengurangi rasa stresmu. Saat emosi meluap-luap usahan untuk terus menenangkan diri walaupun memang terdengar sulit dilakukan. Apabila cara ini tidak berhasil kamu bisa mencoba mengalihkan pikiranmu ke hal lain.


3. Bercerita dan berbagi dengan teman

Cara ini bisa kamu lakukan karena bercerita dengan orang lain akan sangat meringankan emosi anda. Ketika kamu menceritakan kekesalan tersebut dengan orang lain, bisa jadi kamu akan mendapat jawaban dan solusi dari hal tersebut. Berceritakah dengan teman dekat atau seseorang yang kamu anggap bisa menyelesaikan masalaha yang kamu miliki.


4. Menjauh sementara dari orang yang membuatmu emosi

photo credit: pexels

Ketika kamu dalam keadaan emosi karena sebuah hal seperti perbedaan pendapat saat berdiskusi, maka salah satu cara untuk tetap tenang dan mengatur emosimu adalah dengan menambahkan beberapa topik lucu atau mengalihkan topik pembiacaraan ke arah yang lebih santai. Apabila suasana dan kondisi sudah mulai stabil lagi, kamu bisa melanjutkan diskusi yang sempat tertunda tersebut. Sering kali hal ini tidak berlaku pada sebagian orang, jadi kamu bisa langsung menghindari untuk berbicara secara langsung dengan orang yang membuatmu emosi. Hal tersebut bisa kamu lakukan apabila memang tidak ada cara lain untuk mengatasinya.


5. Intropeksi diri sendiri

photo credit: pexels

Cara inilah yang paling sulit dilakukan apalagi ketika kamu sudah terbiasa emosi dan menyalahkan orang lain. Padahal asal emosi tersebut dari dalam diri kamu sendiri. Biasakan untuk langsung menanyakan pada diri kamu sendiri apa hal yang membuatmu emosi. Luangkan waktu untuk melakukann hal ini dan segeralah meminta maaf apabila benar kamu telah menyalahkan orang lain karena emosimu sendiri. Hal terakhir adalah cobalah untuk berdamai dengan dirimu sediri.

BACA JUGA


Kondisi Dilematis yang Sering Dihadapi Para Pekerja. Bersiaplah Mungkin Kamu Akan Mengalami Salah Satunya!

Kondisi Dilematis yang Sering Dihadapi Para Pekerja. Bersiaplah Mungkin Kamu Akan Mengalami Salah Satunya!

pilihan sulit ini kadang menhampirimu disaat kamu memilih sebuah pekerjaan

Read more..

Beberapa hal tersebut bisa kamu lakukan apabila emosi sedang menyerangmu. Tetap tenang dan berpikir positif dan cobalah untuk berdamai dengan dirimu sendiri.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sering Kesulitan Mengatur Emosimu? Terapkan 5 Trik Ampuh Ini untuk Mengatasinya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


achmad cori | @achmadcori

Silahkan login untuk memberi komentar

OR SUBSCRIBE