954
Apabila kamu memiliki rencana untuk wawancara online maka berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar bisa lolos wawancara online.

Era modern seperti ini sudah banyak perusahaan yang melakukan interview atau wawancara via online dengan para kandidat yang ingin bergabung dalam perusahaan tersebut. Biasanya wawancara online dilakukan oleh para kandidat yang berada di luar kota atau bahkan luar negeri. Perusahaan yang menggunakan gaya wawacara atau interview online ini merupakan sebuah perusahaan yang berskala multinasional dan bukan perusahaan sembarangan. Tujuan lain dari wawancara online adalah untuk menjaring para pelamar yang berada di luar jangkauan seperti pelosok daerah dan memaksimalkan potensi mereka. Aplikasi yang sering digunakan untuk kegiatan ini biasanya adalah skype. Banyak hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Apabila kamu memiliki rencana untuk wawancara online maka berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar bisa lolos wawancara online.


1. Amankan koneksi internet

photo credit: Best Job Interview

Pastikan koneksi internet yang kamu gunakan aman. Apabila lancar untuk melakukan browsing dan selancar pastikan juga hal tersebut lancar untuk melakukan video call. Maksimalkan apa yang bisa mendukung wawancaramu seperti speaker atau headset agar penampilanmu terkesan profesional. Tambahkan pencahayaan yang memadai apabila memang diperlukan untuk mendukung penampilanmu.


2. Perhatikan background wawancara

photo credit: Guardian Jobs

Hindari tempat tempat yang ramai dan pilihlah background seperti tembok atau jendela agar mendapatkan penyinaran yang sesuai. Apabila kamu mendapat ruangan yang gelap maka siapkan lampu di kedua sisi monitor.


3. Berlatih dengan temanmu menggunakan Skype

photo credit: thestar

Usahakan untuk melakukan latihan atau simulasi terlebih dahulu sebelum hari H wawancara. Berlatihlah wawancara di depan aplikasi skype terlebih dahulu dengan temanmu dan bayangkan bahwa temanmu adalah seorang perekrut profesional. Ulangi sampai kamu bisa mengatur posisi yang sesuai dan pencahayaan yang cocok. Pastikan juga suaramu terdengar jelas oleh temanmu. Hal ini akan masuk dalam bagian evaluasi agar wawancaramu memperoleh hasil yang memuaskan.


4. Siapakan catatan kecil yang bisa kamu gunakan apabila lupa

photo credit: UConn Center for Career Development

Tempatkan catatan kecil tersebut di dekat layar komputermu atau dimana pun yang tidak terlihat oleh pewawancara. Catatan kecil ini bisa kamu isi dengan jawaban yang kira-kira kamu butuhkan. Saat menjawab jangan terlalu terpaku dengan catatan kecilmu tetap santai dan usahakan senatural mungkin. Karena itu berlatihlah sebelum wawancara sesungguhnya.


5. Perhatikan baju yang kamu gunakan dan selalu siapkan plan B

photo credit: https://www.jobtestprep.co.uk


Pastikan baju yang kamu gunakan telah sesuai dengan yang di inginkan oleh perusahaan. Jangan menggunakan baju yang casual atau kaos seperti kamu sedang hang out akan tetapi gunakan baju selayaknya kamu akan melakukan sebuah wawancara. Pilihlah warna warna netral seperti putih atau biru jangan menggunakan baju yang mencolok karena akan menimbulkan kesan tidak profesional. Plan b akan berguna apabila tiba-tiba hal yang tidak kamu inginkan terjadi jadi simpanlah nomor dan alamat email penting dari pewawancara apabila hal tidak diinginkan seperti koneksi terputus terjadi. Jangan malu untuk meminta kontak person dari sang pewawancara karena kamu bisa mendapatkan poin tambahan dari melakukan hal tersebut.

BACA JUGA


Calon Karyawan, Inilah 7 Trik Interview untuk Dapatkan Pekerjaan Impianmu

Calon Karyawan, Inilah 7 Trik Interview untuk Dapatkan Pekerjaan Impianmu

Apakah kamu pernah tidak menjawab pertanyaan dalam sebuah interview? Atau kamu tidak yakin dengan jawaban yang kalian utarakan

Read more..

Hal-hal tersebut bisa kamu jadikan pertimbangan saat kamu ingin melakukan interview secara online dan hal yang tidak kalah penting yang harus kamu lakukan adalah mencari informasi tentang perusahan dan posisi yang kamu lamar. Apabila hal tesebut telah kamu lakukan maka sekarang kamu telah siap melakukan interview online bro. Good Luck


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sukses Hadapi Interview Online, Berikut 5 Tips Jitu yang Perlu Kamu Praktikkan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


achmad cori | @achmadcori

Silahkan login untuk memberi komentar

OR SUBSCRIBE