1.7K
Obesitas tidak datang secara tiba–tiba. Pasti ada faktor–faktor menyebabkan seseorang menjadi obesitas. Gaya hidup adalah salah satu faktornya.

Tentu kita sering mendengar kata obesitas. Dan yang paling buruk adalah jika kita mengabaikan kata ini. Padahal, ini adalah suatu kondisi yang bisa membahayakan jiwa seseorang.

Obesitas adalah sebuah keadaan ketika seseorang memiliki berat badan berlebih. Obesitas bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti stroke, jantung, diabetes, serta begitu pula dengan kanker.

Terkadang, kita hanya berpikir, makan saja yang penting perut kenyang. Padahal, hal ini justru berbahaya, karena kita tidak menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, obesitas juga terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat.

Di Indonesia sendiri, tingkat penderita obesitas, bisa dibilang cukup tinggi. Penderitanya mulai dari anak–anak, remaja hingga orang dewasa. Berdasarkan jenis kelamin, sebagian besar penderita obesitas di Indonesia adalah kaum wanita.


Ada beberapa hal yang menyebabkan obesitas, antara lain:


1. Gaya hidup

Obesitas tidak datang secara tiba–tiba. Pasti ada faktor–faktor menyebabkan seseorang menjadi obesitas. Gaya hidup adalah salah satu faktornya. Gaya hidup seperti apa yang menyebabkan seseorang mengalami obesitas? Yaitu diet yang buruk. Maksudnya adalah konsumsi makanan yang secara sembaranganlah yang menyebabkan obesitas.

• Makanan cepat saji tinggi lemak

Fast food, biasanya memiliki lemak yang berlebih, sehingga lebih memudahkan seseorang mengalami obesitas

• Tidak memakan sayuran, buah dan karbohidrat murni

Sayur dan buah adalah makanan penting untuk keseimbangan tubuh. Sedangkan karbohidrat murni adalah makanan yang telah diproses dan menghilangkan sebagian vitamin dan mineral

• Meminum minuman beralkohol

Ya, minuman beralkohol adalah minuman yang memiliki tingkat kalori yang tinggi. Tidak mengejutkan bila pemabuk, biasanya terlihat memiliki berat badan berlebih.

• Sering makan di luar

Sadar atau tidak, makan di luar rumah biasanya justru mempercepat obesitas. Di restoran biasanya kita memakan makanan pembuka dan penutup yang biasanya tinggi akan gula dan lemak.

• Makan berlebih

Makan dengan porsi terlalu banyak adalah faktor terjadinya obesitas pada diri seseorang

• Comfort eating

Ini adalah kondisi dimana seseorang memakan makanan untuk menyenangkan atau membuat diri sendiri merasa baik.


2. Kurang olahraga

photo credit: The Huffington Post

Olahraga merupakan bagian penting dalam menjaga pola hidup sehat. Jadi, sangat penting bagi seseorang untuk terus bergerak. Contohnya, ketika kamu bekerja di depan komputer satu hari penuh atau kamu selalu berkendara dengan mobil atau motor ketika akan bepergian. Hal ini akan meningkatkan risiko seseorang terkena obesitas loh. Di Australia, ada rekomendasi untuk melakukan aktivitas dengan intensitas yang tidak terlalu berat, selama 30 menit setiap harinya. Kebiasaan ini akan membuatmu menjadi lebih sehat.


3. Genetik

photo credit: detikFood

Ini adalah penyebab yang sedikit berbeda bagi seseorang untuk terkena obesitas. Namun, untuk faktor genetik, sangat jarang ditemukan. Contoh faktor genetik penyebab obesitas adalah Sindrom Prader-Willi. Sindrom Prader-Willi adalah sebuah kondisi genetik yang dimana seseorang akan sulit puas dalam jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuhnya hingga bisa menyebabkan obesitas. Orang dengan Sindrom Prader-Willi, biasanya keras kepala, memiliki ledakan amarah dan juga perilaku kompulsif. Perbandingan penderita Sindrom Prader-Willi di seluruh dunia, sekitar 1 berbanding 30,000. Namun, bukan tidak mungkin untuk tetap menurunkan berat badan.


Selain tahu penyebab terjadinya obesitas, kita juga perlu tahu pencegahannya. Karena mencegah adalah langkah yang terbaik. Berikut cara pencegahan terjadinya obesitas pada diri seseorang:

1. Olahraga teratur

Kegiatan fisik penting untuk membakar lemak di dalam tubuh. Dengan begitu berat badan anda juga tidak mudah bertambah.

2. Membuat perencanaan makan yang sehat

Perencanaan yang baik adalah dengan mengganti makanan yang tidak sehat menjadi makanan sehat, seperti rendah kalori dan kaya akan nutrisi.

3. Mengetahui makanan yang dimakan

Menghindari obesitas berarti kita harus paham makanan yang akan kita makan. Dan jika mau, catatlah makanan yang kalian makan dalam satu hari. Hal ini bagus untuk mencegah kita agar tidak makan berlebihan.

4. Menjaga/memonitor berat badan

Tujuannya adalah untuk menjaga agar kita bisa mengetahui apakah usaha kita berhasil agar tidak terkena obesitas.

5. Konsisten

Tetap bertahan pada perencanaan berat badan anda, meskipun pada hari kerja maupun hari libur.

BACA JUGA


Selalu Gagal Hilangkan Perut Buncit? Mungkin 5 Hal Inilah Penyebabnya

Selalu Gagal Hilangkan Perut Buncit? Mungkin 5 Hal Inilah Penyebabnya

Lemak yang berada di sekitar perut memang susah-susah gampang dihilangkan, apabila kamu pernah mencoba menghilangkannya tapi tidak berhasil ...

Read more..

Bagaimana? Masih mau makan sembarangan yang penting kenyang atau mau mengobah pola hidup kalian?



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Waspada Obesitas! Tak Hanya Berat Badan Berlebih, Tapi Juga Ancam Keselamatan Jiwa. Cegah dengan 5 Kebiasaan Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rafii Yanuardi | @rafiiyanuardi

Silahkan login untuk memberi komentar

OR SUBSCRIBE