Apa Itu Arfirmasi dan Zonasi ?

By | May 9, 2020
0 Shares

Mengenal Arfirmasi

salah satu jalur pada PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) yang dikhususkan bagi siswa yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu.

Istilah jalur afirmasi ini sudah tidak banyak digunakan lagi sejak sistem PPDB berubah menjadi sistem zonasi (tahun pelajaran 2018-2019).

Mengenal Zonasi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 memberlakukan jalur penerimaan ini. PPDB tahun 2020 dapat diikuti calon siswa yang akan masuk TK, SD, SMP, serta SMA/SMK. Aturan yang telah ditandatangani Nadiem Makarim, Mendikbud pada tanggal 10 Desember 2019 ini resmi diterapkan

Penggunaan sistem zonasi untuk penerimaan siswa baru merupakan salah satu jalur untuk bisa diterima di sekolah. Penerapan sistem zonasi sebenarnya menyasar siswa baru agar mendaftar sekolah sesuai tempat tinggal. Aturan sistem zonasi PPDB tercantum pada Permendikbud No. 14 Tahun 2018. Harapannya, sekolah favorit dan non-favorit tidak memiliki gap. Tahun 2020, kuota yang diberikan untuk jalur zonasi PPDB sebanyak 50 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *