6 masalah yang terjadi pada jaringan nirkabel (wirelles) dan cara mengatasinya

Jaringan nirkabel ialah tipe jaringan yang memakai gelombang radio bagaikan transmisinya. Dikala ini terdapat banyak teknologi yang memakai jaringan nirkabel, semacam laptop, smartphone, tablet, serta masih banyak lagi.

Pemakaian jaringan nirkabel dalam kehidupan tiap hari meliputi penggunaan& wi- fi, bluetooth, serta inframerah.

Tetapi banyak dari kita yang masih belum mengenali metode membetulkan permasalahan yang kerap dirasakan oleh jaringan nirkabel.

Berikut 6 permasalahan yang terjalin pada jaringan nirkabel( wirelles) serta metode mengatasinya

1. Jaringan internet lambat

 

Sempatkah Kamu menggunakan& wi- fi di tempat universal/ kantor, seketika koneksi jadi lelet? perihal tersebut terjalin sebab jumlah pengguna sangat banyak, paling utama pada jam- jam padat jadwal.

Buat mencegah perihal tersebut, kita bisa membatasi bandwith yang diterima oleh setiap user, dengan menggunakan bandwidth manajemen.

2. Lupa dengan password

Password memiliki peran vital dalam jaringan wireless, karena dengannya kita dapat membatasi pengguna yang dapat terhubung pada jaringan kita.

Namum pernahkah Anda kelupaan password? jika ia, Anda tidak perlu panik, sampai-sampai harus panggil teknisi ISP langganan Anda, karena kita dapat mereset modem/access point ke pengaturan semula, sehingga kita dapat mengatur password baru lagi.

3. Lupa mengatur IP address pada Server

IP address merupakan sesuatu alamat pada pc supaya pc bisa tersambung satu sama lain, ip address terbagi atas DHCP( Dynamic Host Configuration Protocol) dan static.

Bila kita memakai jaringan internet hingga terdapat baiknya kita menggunakan DHCP, agar IP address yang kita terima tidak terjalin tabrakan( collision) dengan pc lain.

Sebaliknya bila kita memakai jaringan peer to peer, hingga terdapat baiknya kita menggunakan ip address static, agar ip address kita terletak satu kelas yang sama dengan pc yang lain.

4. Sinyal lemah

Sinyal lemah merupakan hal yang paling tidak diharapkan, hal ini terjadi akibat banyak faktor, diantaranya:

  • Banyaknya jumlah pengguna

Hal ini menjadi kendala bagi para pengguna jaringan terbuka, karena dengan ramainya pengguna, maka akan membuat jaringan dan sinyal melemah.

Untuk mengatasi permasalahan ini, diperlukan hotspot tambahan, yang dapat men-cover jumlah pengguna yang melebihi batas.

  • Berada jauh dari hotspot.

Jarak merupakan hal yang mempengaruhi tingkat device (laptop/smartphone) dalam menjangkau sinyal access point.

Oleh karena itu untuk menghindari hal tersebut kita bisa mencoba untuk memilih tempat duduk yang berada di dekat access point.

5. Wireless network adapter terdisable

Pernahkah Anda melihat tanda silang pada logo jaringan laptop Anda? padahal Anda berada pada lokasi yang memiliki access ke internet, hal ini terjadi karena Anda men-disable wireless network adapter secara sengaja maupun tidak sengaja pada laptop Anda.

Agar laptop anda dapat mendeteksi jaringan yang ada, maka Anda harus men-enablekan wireless network adapter.

6.acces point yang minta reset

 

Pernahkah Anda melihat tanda pentung pada logo jaringan laptop Anda? padahal Anda berada pada lokasi yang memiliki access ke internet, hal ini terjadi karena Ada masalah access point pada jaringan andacara mengatasi hal ini anda bisa mereset acces point anda biasanya access point menggunakan tplink. Jika kedua kiat tersebut sudah dilaksanakan, saya yakin permasalahan ini tidak akan pernah terjadi lagi.

kesmpulan

banyak hal yang bisa kita selsaikan tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun karena google adalah tempat gratis untuk mencari informasi maka jika terdapat masalah pada jaringan maupun perangkat anda segera selsaikan

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like